1. Beranda
  2. Headline
  3. Kabar

RSUD

Kota Ternate Butuh RSUD, Rencana Pembangunan Didorong 2021

Oleh ,

Ternate, Hpost - DPRD Kota Ternate bakal menindaklanjuti rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Ternate. Rencana tersebut dibahas dalam rapat dengar pendapat bersama Dinas Kesehatan dan Labkesda kota Ternate.

Anggota komisi III DPRD Kota Ternate, Djunaidi Bahruddin kepada Halmaherapost.com, Rabu 2 September 2020 menyampaikan, salah satu program prioritas pemerintah kota Ternate yakni pembangunan RSUD Ternate. Ini dalam rangka peningkatan kualitas  kesehatan baik masyarakat di Ternate maupun daerah lain.

Untuk pembangunan, sudah dimulai sejak 2019 dengan alokasi anggaran perencanaan masterplan dan studi kelayakan serta dokumen pendukung semua telah rampung.

Selanjutnya didorong pada tahun 2021. Pasalnya dana awal untuk pembangunan fisik melalui APBD 2019 senilai Rp 50 miliar, namun karena kondisi pandemi, sehingga masih tertunda.

"Tinggal saja Banggar dan TAPD segera menyetujui dan dibahas lebih lanjut," katanya.

Padanya prinsip dinas menyiapkan dokumen dan perencanaan fisik. Apalagi Ternate sebagai pintu masuk gerbang utama yang tentunya banyak pasien akan di rujuk ke Ternate.

“Saat ini tidak tersedia anggaran DAK, sehingga pembangunan RSUD syaratnya menggunakan anggaran APBD setelah beroperasi dan manajemen terbentuk secara otomatis akses DAK dengan sendirinya mengalir ke daerah,” tutupnya.

Berita Lainnya