1. Beranda
  2. Headline
  3. Kabar

Pilkada Halmahera Timur

Usung Visi Haltim Tangguh dan Berdaya Saing, Ini Misi dan Program Kerja MONAS

Oleh ,

Haltim, Hpost - Bila terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) pada Pilkada tahun ini, sejumlah program telah disiapkan Paslon nomor urut 3, Moh. Abdu Nasar dan Azis Ajarat (MONAS).

Kepada Halmaherapost.com, Moh. Abdu Nasar menjelaskan, guna menunjang pencapaian visi “Terwujudnya Kehidupan Masyarakat Halmahera Timur yang Lebih Baik, Tangguh dan Berdaya Saing”. Maka, ada lima misi yang dipandang relevan. Pertama, memaksimalkan SDA yang berkualitas dan kompetitif yang agamais, dalam mewujudkan kemakmuran berbasis karakter masyarakat.

Kedua, percepatan infrastruktur wilayah sebagai penunjang pengembangan ekonomi lokal, serta emberdayaan melalui kolaborasi antara Pemda, Pemdes dan masyarakat. Ketiga, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya. Keempat, penataan ruang dan pelestarian Sumber Daya Alam, lingkungan, budaya dan penanggulangan bencana, dan menciptakan kondisi daerah yang kondusif dan ramah investasi.

"Yang terakhir, pemenuhan hak-hak dasar masyarakat miskin dan penurunan angka pengangguran dengan meningkatkan PAD," paparnya, Senin 9 November 2020.

Selain kelima misi tersebut, ada juga program prioritas dalam agenda pembangunan yang selalu mengacu, pada program dan langkah-langkah kebijakan pembangunan yang, belum diselesaikan pemerintahan sebelumnya, sebagai bagian dari upaya untuk menjawab keberlanjutan pembangunan sebagai fokus utama.

Moh. Abdu Nasar bilang, terdapat sejumlah program kerja yang telah disiapkan, berbasis pada permasalahan prioritas daerah yang urgensinya, harus diimplementasikan untuk menjawab kebutuhan pembangunan daerah ke depan dan kompliksitas persoalan yang ada di masyarakat.

Dengan berpedoman pada pentingnya keberlanjutan pembangunan dan mengedepankan, prinsip keadilan dan pemerataan dalam pembangunan daerah, maka program kerja yang direncanakan diklasifikasikan ke dalam tiga tipologi yaitu program wajib, program unggulan dan program penunjang.

Program Wajib (Pendidikan dan Kesehatan)

Sebanyak 12 program wajib, yang nanti dijerkan (MONAS). Berupa, fasilitasi dan pengembangan pendidikan dasar dan menengah. Peningkatan manajemen mutu pelayanan pendidikan dan tenaga kependidikan. Pengadaan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan. Standardisasi pelayanan kesehatan. Pemberian beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi.

Berita Lainnya