Pemerintah Daerah

Yanto Resmi Dilantik Jadi Sekda Halmahera Tengah

Yanto M. Asri saat diambil sumpah oleh Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara saat dilantik menjadi Sekda, Jumat 13 Desember 2019, di Aula Kantor Bupati || Foto : Eno/Hpost

Weda, Hpost - Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara melantik Yanto M. Asri sebagai Sekretaris Daerah, Kabupaten Halmahera Tengah. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan, Jumat 13 Desember 2019, di Aula Kantor Bupati.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Halmahera Tengah (Halteng) Nomor 821.2/KEP/734/2019 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi (JBT) Pratama Sekda Kabupaten Halteng.

Sebelumnya, Yanto M.Asri menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Bupati halteng dalam sambutannya mengatakan, secara hirarki, Sekretaris Daerah (Sekda) berada pada Eselon II/a, satu tingkat lebih tinggi dari jabatan kepala OPD Iainnya. Hal ini tentu saja berimplikasi pada tugas, fungsi dan tanggung jawab lebih yang diemban oleh seorang Sekda.

Sekda dalam kedudukannya bertindak selaku koordinator pengelolaan keuangan daerah yang mempunyai tugas dan kewajiban membantu kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

Selain itu, Sekda memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja aparatur agar tercapai tujuan pembanguan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. Secara fungsional, Sekda harus mampu memposisikan diri sebagai penghubung, yang menjembatani kepentingan, kemauan politik dan kebijakan Kepala Daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah lainnya termasuk kepentingan pemerintah dengan masyarakat.

Sekda juga harus mampu menjadi fasilitator, dan komunikator dalam memediasi kebijakan Kepala Daerah dengan DPRD sehingga dua Lembaga pemerintahan ini dapat bersinergi dalam setiap pengambilan keputusan politik untuk pembangunan dan kemaslahatan rakyat di daerah ini.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya tegaskan bahwa pertimbangan utama yang saya gunakan sebagai variabel dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai di daerah ini adalah kompetensi, keikhlasan dalam pengabdian dan komitmen serta loyalitas yang kuat terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara lebih khusus lagi kepada negeri yang kita cintai ini" kata orang nomor satu di Kabupaten Halmahera Tengah.

Edi mengajak kepada semua untuk sama-sama merefleksi kembali nilai-nilai spiritualitas dalam diri kmasing-masing, karena apa yang terjadi pada hari ini termasuk gugurnya selembar daun dari tangkainya adalah sebuah kepastian sejarah yang telah dipastikan oleh Allah dan sudah tercatat di Lauhul Mahfuz bukan sekedar keinginan kekuasaan dan rekayasa manusia.

"Saya ingatkan jabatan yang saudara terima hari ini adalah bagian dari perjalanan hidup saudara sebagai manusia. Amanah yang diberikan kepada saudara bukan hanya sekedar kepercayaan tetapi harus dimaknai juga sebagai sebuah tanggung jawab peran dan fungsi untuk membantu Kepala Daerah dalam menciptakan ”Kepemerintahan Yang Baik” untuk merealisasikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Halmahera Tengah sesuai dengan visi Halmahera Tengah Maju, Sejahtera Berlandaskan Fagogoru," ujarnya.

Tambah Edi, kepada saudara Penjabat Sekretaris Daerah yang baru saja melepas jabatannya, dirinya mengucapkan terima kasih atas niat baik dan dedikasinya selama ini untuk membantu mereka kurang lebih satu tahun dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan demi kemajuan daerah tercinta.

"Negeri ini butuh orang-orang yang ikhlas membangun untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," cetusnya.

Diketahui, terpilihnya Yanto M.Asri sebagai sekda sudah melalui proses seleksi yang dilakukan Tim Seleksi. Dari beberapa nama akhirnya Yanto M.Asri lolos dan terpilih menjadi Sekda Halteng.

Turut Hadir Pimpinan DPRD, Sekertaris Daerah,Forkompimda, Para Anggota DPRD, Wakil Ketua TP-PKK Kab.Halmahera Tengah, Ketua DWP Kab.Halmahera Tengah,Para Staf Ahli, Para Asisten, Tim Penilai dari Provinsi Maluku Utara, para Pimpinan OPD, Pimpinan Organisasi Vertikal,Para Istri-Istri Anggota DPRD, Para Istri Pimpinan OPD, ASN dilingkup Pemerintah Daerah, dan Tamu Undangan Lainya.

Penulis: Eno
Editor: Red

Baca Juga