Tahun Baru 2020

Warga Minta Dzikir Akbar Rutin Setiap Menyambut Tahun Baru Masehi

Suasan Tablik Akbar di Landmark Ternate, dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020, Selasa 31 Desember 2019 || Foto : Awi/Hpost

Ternate, Hpost – Warga Kota Ternate minta Dzikir Akbar sambut tahun baru masehi rutin dilakukan setiap tahun. Kegiatan tersebut mengubah malam yang biasanya dilalui dengan pesta pora dan kemeriahan kembang api menjadi lebih hikmat.

Pantauan Halmaherapost, sejak pukul 22.00 warga Kota Ternate mulai berdatangan di lokasi digelarnya Dzikir Akbar pergantian Tahun Baru 2020 yang bertempat di Landmark Jln, Pahlawan Revolusi Kec. Kota Ternate tengah. Pelataran kota yang sebelumnya menjadi tempat pesta kembang api, malam tadi diwarnai takbir dan lantunan ayat suci yang menyejukkan hati.

Kebanyakan warga datang dengan pakaian putih-putih, mambawa anak istri. Tak ada terompet yang dibunyikan malam itu. Hanya pengeres suara yang berisi lantunan ayat suci dari ustad Derry Sulaiman yang menggema berkali-kali. Ia mengajak warga melantunkan salawat kepada baginda Nabi. Malam itu, bunyi kenalpot motor yang biasanya bising ditelinga terganti oleh seruan-seruan kaliamat tasbih, tahmid dan takbir yang melunakkan hati.

Selain warga, sejumlah tokoh pun turut mengadiri dan mengikuti Dzikir Akbar yakni Gubernur Maluku Utara, Wali Kota Ternate dan Kapolda Maluku Utara

“"Tahun baru kali ini sangat berbeda jauh denga tahun-tahun baru yang sebelumnya karena tahun baru kali ini hampir semua masyarakar ikut berzikir dari pada berpesta pora yang berguna dan bermanfaat," kata Yamin sala satu warga yang ikut dalam Dzikir  di Lanmark Ternate, Selasa 31 Desember 2019.

Warga lain, Ansar datang bersama istri dan anak.”Dari jam 10 saya di sini. Saya merasa begitu berbeda. Semoga dengan kegiatan ini kita bisa mengambil hikmah. Cukup bagus kalau setiap tahun ada kegiatan zikir akbar seperti ini,” ucap Ansar.

Menurut Ansar kegiatan Dzikir Akbar di malam tahun baru bisa menekan angka kecelakaan. Ia berharap kegiatan ini bisa terselengara rutin, tidak hanya terpusat di satu tempat.

"Bagus kalau bikin juga di Kelurahan masing-masing. Libatkan anaka muda sebagai penyelenggara agar mereka disibukkan dengan hal-hal positif."

Rifki salah satu pemuda yang berkunjung di Taman Nukila menagku, tahun baru kali ini bunyi tidak banyak bunyi petasan dan kembang api. Begitu pula terompet. “Biasanya macet. Tapi malam ini lalulitas cukup lancar.” cetusnya

"Bagi anak muda, tahun baru kali ini kurang ramai, karena suda tidak ada lagi acara-acara penyanyi artis. Tapi kalau setiap tahun laksanakan dzikir seperti ini sangat bagus,” tutupnya.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, saat dijumpai awak media seusai Tablig Akbar mengaku bangga akan masyarakat Kota Ternate yang melepas pergantian tahun dengan zikir dan doa. Dengan begitu, lanjut Gubernur, diharapkan ada pertanda baik untuk masyarakat Malut.

"Insha Allah negeri (Malut-red) ini aman. Dan satu harapan kecil saya untuk birokrasi dan pemerintahan Provinsi maupun Kabupaten dan Kota di tahun depan lebih baik lagi, amin." pintanya

Masih di acara yang sama, Walikota Ternate Burhan Abdurahman menjelaskan, seluruh masyarakat yang hadir maupun di masjid-masjid melakukan tablig akbar, yang kiranya sudah dilakukan sejak 9 tahun lalu.

Tablig Akbar ini diharapkan, daerah diberikan rahmat oleh Allah SWT, serta spirit dan meningkatkan iman yang menjadi landasan umat Islam.

"Meski sudah 9 tahun kita (Pemkot-red) lakukan hal ini dengan tema yang berbeda, namun tujuannya satu, yaitu membuat Kota Ternate sebagai Kota yang Agamais. "harapnya.

Seraya berharap untuk birokrasi Pemkot kedepan, bisa ditingkatkan kinerja, kesadaran untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Ternate.

Zikir Akbar di Basting Karance Ternate Salatan

Tak hanya di Landmark, di Kelurahan Bastiong Ternate, Dzikir Akbar juga dilakukan oleh pemuda Bastiong. Warga setempat sangat antusias mendengar tablig dari dr Kasman Hi Ahmad.

Tablik akbar dan dzikir bersama juga diselenggarakan di Bacan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan.

Tablik Akbar di Bacan, Halmahera Selatan

"Kita menginginkan di akhir dan permulaan tahun kita melakukan evaluasi pribadi diri kita, bermuhasabah sudah sejauh mana keberhasilan dan kegagalan dalam kehidupan kita yang nantinya akan kita perbaiki untuk lebih baik lagi pada tahun yang baru ini,” kata Lasengka Ladadu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan.

Penulis:

Baca Juga