Sekilas Info

Polri

Putera Asli Desa Bobanehena Jabat Kapolsek Ibu

Kapolres Halbar Aditya Laksimada Saat memasangkan Tanda Jabatan pada Sertijab Kapolsek Ibu, Iptu Budayat Taib || Foto : Ary/Hpost

Jailolo, Hpost - Jabatan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ibu yang membawai tiga kecamatan administratif yakni Kecamatan Ibu Selatan, Kecamatan Ibu Tengah, dan Kecamaan Tabaru kini dijabat oleh salah satu putera asli Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo, yakni Iptu Budayat Taib.

Iptu Budayat Taib menerima jabatan itu dalam upacara serah terima jabatan Kapolsek Ibu dan Kasatlantas Polres yang dipimpin langsung oleh Kapolres Halmahera Barat (Halbar) AKBP Aditya Laksimada Halbar di Halaman Mapolres Halbar Selasa 07 Januari 2020.

Iptu Budayat Taib mengawali karir kepolisian pada akhir 2000 dan menjalani pendidikan pada awal Januari 2001 di Pusdik Sabhara Porong Surabaya selama kurang lebih enam bulan. Setelah menjalani pendidikan langsung ditugaskan sebagai Bintara di unit Reskrim Polres Kolaka Sulawesi Tenggara.

Ia bertugas kurang lebih 11 tahun di Polres Kolaka hingga tahun 2012,kemudian dimutasi ke Polda Maluku Utara bagian Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Pada tahun 2015, ia mengikuti pendidikan perwira khusus penyidik yaitu Sekolah Inspektur Penyidik (SIP) selama tiga bulan di Sukabumi, Jawa Barat dan kembali ditempatkan sebagai Pamin 2 Subbagrenmin Ditreskrimum Polda Malut.

Kemudian Surat Telegram dari Kapolda keluar pada 20 Desember 2019 kemarin dengan nomor ST/1326/XII/KEP/2019/RO SDM iya ditempatkan sebagai Kapolsek Ibu dan pada hari ini dilakukan Serah Terima Jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Halbar Aditya Laksiamada.

Iptu Budayat Taib saat ditemui usai acara Sertijab di Mapolres Halbar, mengatakan jabatan baru yang diterima tersebut menjadi suatu kebanggaan dan amanah dari pimpinan untuk dijalankan.

“Saya juga meminta dukungan dari masyarakat Kecamatan Ibu Selatan, Ibu Tengah dan Kecamatan Tabaru untuk mendukung kerja-kerja kepolisian khususnya pada Pemilukada serentak nanti pada tahun 2020 ini,” pintanya.

“Pak Budayat Taib sendiri sebagai putera asli Halmahera Barat pasti sudah punya pemahaman tentang kondisi dan situasi masyarakat disini karena beliau lahir dan besar di Halbar,”ujar Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimada kepada wartwan.

AKBP Aditya percaya Budayat lebih mudah untuk berinteraksi dengan masyarakat disini. ”Dan itu menjadi modal dasar sebagai putera daerah disini,” ujar Aditya.

Sekadar diketahui, Kapolsek Ibu yang sebelumnya dijabat oleh Iptu La Umar digantikan oleh Iptu Budayat Taib yang sebelumnya menjabat sebagai Pamin 2 Subbagrenmin Ditreskrimum Polda Malut.

Dalam upacara serah terima jabatan, Iptu La Umar dimutasi ke Polres Tidore, dengan jabatan baru sebagai Kasubagprogar Bagren Polres Tidore. Sedangkan, Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Halbar yang sebelumnya dijabat oleh Iptu Amas Aba kini dimutasi di Polres Halmahera Tengah dengan jabatan baru sebagai Kasatlantas Polres Halteng, sementara Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Halbar diisi oleh Iptu Abd Hafid yang sebelumnya menjabat sebagai kepala unit (Kanit) Subditkamsel Ditlantas Polda Maluku Utara.

Kapolres Halbar, Aditya Laksimada dalam sambutannya menyatakan ketika kita masuk dalam sebuah organisasi itu sejatinya hanya dua hal yang pertama yaitu kita harus mengevaluasi dan benahi apa saja perlu dilakukan dan yang kedua kita harus melihat dalam lingkungan organisasi seperti apa yang bisa mendukung kita maupun yang bisa melemahkan kita.

“Terkait dengan serah terima jabatan hari ini saya berharap kasatlantas dan Kapolsek Ibu yang baru saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas dan dapat bekerja dengan baik serta dapat melanjutkan kinerja yang telah dilakukan oleh pejabat yang lama,” ucapnya.

Penulis:

Baca Juga