Reklamasi Pantai

Reklamasi, Ketersediaan Lahan UKM untuk Warga Pesisir Dijamin Pemkot

Pemenang Sayembara Kawasan Reklamasi Kayumerah-Kalumata || Arsip PUPR Kota Ternate

Ternate, Hpost - Permintaan warga terkait pengadaan lahan untuk Usaha Kecil Menengah di kawasan reklamasi  Kayu merah-Kalumata akan direalisasikan. Pemerintah daerah menjamin ketersediaan lahan bagi masyarakat sepanjang pesisir pantai yang direklamasi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Risval Try Budiyanto kepada Halmaherapost.com saat ditemui di kantornya, Kamis 9 Januari 2020.

Sebelumnya, seperti yang diberitakan halmaherapost.com Senin 6 Januari 2020, proyek multiyears reklamasi Kayu Merah-Kalumata Kecamatan Ternate Selatan mendapat dukungan masyarakat sekitar. Bahkan, warga meminta pemerintah menyediakan lahan untuk penjual/pedagang-usaha kecil menengah.

Risval memastikan, kawasan reklamasi juga dibangun untuk usaha kecil menengah (UKM). Kawasan itu juga nantinya melibatkan masyarakat pelaku usaha.

"Yang pastinya tidak akan menghentikan konten-kontel lokal termasuk UKM, masyarakat-masyarakat yang bergerak di bidang wirausaha juga bisa dilibatkan. Pemerintah kota tidak akan mungkin membiarkan, tetap akan mengakomodir keinginan masyarakat sepanjang pesisir itu untuk usaha,” papar Risval.

Pemenang Sayembara Desain Kawasan Reklamasi Keyumerah-Kalumata || Arsip PUPR Kota Ternate

Terkait ketersediaan lahan bagi UKM, pihaknya telah menyiapkan konsep dengan membuat sayembara desain kawasan. Hal ini dimaksudkan untuk memberi ruang keterlibatan berbagai pihak dalam menyiapkan kawasan reklamasi yang reprsentatif.

Untuk menyiapkan kawasan, pihaknya juga telah mengadakan sayembara beberapa di tahun kemarin. Namun, hasil dari sayembara itu hingga saat ini belum jelas dibangun pemerintah atau investor.

“Oleh karena itu, kami belum bisa berbicara terlalu jauh dan terlalu luas tetapi yang pastinya ada lahan untuk mereka karena lebih mengedepankan masyrakat-masyarakat lokal yang berda di situ dan pemberdayaan-pemberdayaan juga akan lebih fokusnya kearah sana,” tutupnya.

Penulis: Bur
Editor: Red

Baca Juga