Sekilas Info

Retribusi Parkir

Portal Elektronik Belum Berfungsi, Dishub Berdalih Kekurangan Anggaran

Mesin Portal Parkir Otomotis di parkiran ruko Jatiland Ternate, Rabu 15 Januari 2020 yang belum difungsikan || Foto : Awi/Hpost

Ternate, Hpost - Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi retribusi parkir nampaknya hanya isapan jempol semata. Bagaimana tidak, rencana pemasangan portal elektronik, yang direncanakan pada akhir 2019 hingga sekarang, belum berjalan maksimal.

Rencananya, masterplan dinas yang dinahkodai Faruk Albaar itu, akan dipasang pada beberapa titik yang dinilai ramai. Seperti di Pelabuhan Speed Boat Mangga Dua dan areal parkir depan Mall Jatiland Ternate.

Dari amatan Halmaherapost.com, Rabu 15 Januari 2020, mesin portal elektronik di dua titik tersebut sudah terpasang. Namun belum dilengkapi dengan petugas, camera pengaman dan alat pendukung lainnya.

Bahkan informasi yang beredar, pihak ke tiga yang yang dipercayakan mendatangkan alat tersebut, membatalkan perjanjian lantaran anggaran pengadaan alat itu tidak cukup.

Mengenai hal tersebut, Sekretaris Dishub Kota Ternate Fahruddin saat dikonfirmasi menjelaskan, kendala utama belum dioperasikannya portal elektronik ialah anggaran.

Ia menilai, anggaran yang diplot pada APBD-Perubahan tahun 2019 tidak cukup untuk mendatangkan alat tersebut.

"Kita sudah masukkan pagu anggarannya kedalam rencana program kita dan sudah diperhitungkan. Tetapi harga halat itu naik jadi kita baru mendatangkan tiga dari empat alat yang ditarget. "katanya saat dijumpai diruang kerja, Rabu (15/1/2020).

Maka dari itu, lanjut Fahruddin, pagu anggaran untuk secepatnya mengoperasikan portal elektronik akan diplot melalui APBD-Induk tahilun 2020 sebesar Rp 100 juta lebih.

"Untuk harga sepaket alat itu, saya kurang tau pasti. Tapi mudah-mudahan dengan pagu segitu bisa mendatangkan alatnya dan secepat mungkin kita operasikan portalnya," pintanya.

Penulis: Awi
Editor: Red

Baca Juga