Sekilas Info

CPNS

Hari Pertama Seleksi, 48 Peserta Dinyatakan Lulus Passing Grade

Situasi ruangan seleksi CPNS. Peserta diarahkan mengikuti proses seleksi dengan seksama, Selasa 28 Januari 2020, di Ternate || Foto : Awi/Hpost

Ternate, Hpost - Hasil mengembirakan ditorehkan sejumlah peserta, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Ternate, Senin 27 Januari 2020 kemarin.

Merujuk pada data yang dikeluarkan Badan Kepegawasan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Ternate. Sebanyak 48 peserta lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dari 208 peserta yang melaksanakan seleksi.

Sesi pertama, 7 peserta dinyatakan lulus karena memenuhi nilai ambang batas atau passing grade, dari 39 peserta yang mengikuti seleksi.

Sesi kedua, dari 39 peserta yang mengikuti seleksi, 9 peserta dinyatakan lulus karena memenuhi nilai ambang batas atau passing grade.

Sesi ke tiga, dari 46 peserta yang mengikuti seleksi, 10 peserta dinyatakan lulus karena memenuhi nilai ambang batas atau passing grade.

Sesi ke empat, dari 39 peserta yang mengikuti seleksi, 10 peserta dinyatakan lulus karena memenuhi nilai ambang batas atau passing grade.

Dan sesi terakhir yaitu sesi ke lima, dari 45 peserta yang mengikuti seleksi, 12 diantaranya lulus karena memenuhi nilai ambang batas atau passing grade.

Menurut Kepala BKPSDMD Kota Ternate Junus Yau, hasil yang diperoleh pada hari pertama seleksi cukup mengembirakan. Kenapa? Jika dibandingkan hasil seleksi tahun sebelumnya.

Dihari pertama, tidak ada satu pesertapun yang lulus atau melebihi nilai ambang batas atau passing grade.

"Prinsipnya, rata-rata peserta sudah menyiapkan diri mengikuti seleksi tahun ini. Buktinya, dihari pertama saja 48 peserta lulus dari 208 yang mengikuti seleksi," ungkap Junus, Selasa 28 Januari 2020.

Atas torehan tersebut, Junus Yau meyakini bahwa, kuota yang ditargetkan Pemkot Ternate sebanyak 128 dari 2.804 CPNS akan tercapai, bahkan besar kemungkinan bisa lebih.

"Karena seleksi dilakukan selama 12 hari, makan bukan tidak mungkin peserta yang lulus akan lebih banyak lagi, "katanya optimis.

Jika nantinya yang lulus melebihi kuota yang ditentukan, maka akan diambil nilai ambang batas atau passing grade terringgi sebanyak 3 orang di masing-masing formasi, sesuai ketentuan BKN RI.

"Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diadakan diakhir bulan Februari atau diawal bulan Maret 2020,'' katanya

Penulis: Awi
Editor: Red

Baca Juga