Penyelenggara Pilkada

Tes PPK Se-Kabupaten Kepulauan Sula Serentak di Dua Lokasi

Tes tertulis PPK se-Kabupaten Kepulauan Sula || Foto : Tat/Hpost

Sanana, Hpost - Tes PPK Se-Kabupaten Kepulauan Sula berlangsung di SMP Negeri 1 Sanana dan SD Negeri Inpres Falabisahaya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Sula pada Kamis 30 Januari 2019 melaksanakan tes tertulis seleksi PPK di 12 kecamatan  secara bersamaan tepat pukul 14:00 WIT

Di SMP Negeri 1 Sanana, peserta tes dari 10 kecamatan yaitu Kecamatan Sanana, Sulabesi Tengah, Sulabesi Timur, Sulabesi Selatan, Sulabesi Barat, Sanana Utara, Mangoli Utara Timur, Mangoli Timur, Mangoli Tengah dan Mangoli Selatan.

Sementara di SDN 1 Falabisahaya peserta dari kecamatan Mangoli Barat dan Mangoli Utara. Pemisahan ini disebabkan jarak tempuh peserta di Kecamatan Mangoli Utara dan Mangoli Barat yang sangat jauh dari ibu kota kabupaten.

Ketua KPU Yuni Yuningsih Ayuba mengatakan berinisiatif menggelar tes di dua lokasi karena jarak, karena peserta di kecamatan Mangoli Barat dan Mangoli Utara kalau ke Sanana itu menghabiskan banyak biaya.

Jumlah peserta di SMP Negeri 1 sebanyak 253 orang dan di  SDN 1 Falabisahaya sebanyak 25 orang. Setelah usai tes, KPU Kepsul yang juga didampingi KPU Provinsi Maluku Utara Jaya Aptuansah, Bawaslu Kepsul dan pihak Polres langsung menggelar pemusnahan soal tes dengan cara dibakar.

Salah satu peserta asal Kecamata Sulabesi tengah saat diwawancarai soal tahapan dan prosedur tes yang dilaksanakan KPU menjelaskan proses sangat baik.

"Sebagai peserta, saya sangat merasa mekanisme dan tahapan tes yang dilaksanakan KPU sangan prisedural,  Transparan dan tentunya nyaman dalam mengikuti tes," kata Risman Umamit.

Penulis: Tat
Editor: Red

Baca Juga