Pariwisata

Mudahkan Wisatawan, Dispar Kota Ternate Bikin TIC

Tourism Information Center (TIC), yang sedang dibangun di Bandara Baabullah Ternate, Jumat 14 Februari 2020 || Foto : Dukomentasi Samin Marsaoly

Ternate, Hpost - Beberapa tahun terakhir Kota Ternate menjadi salah satu daerah lirikan destinasi wisata, baik Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Manca Negara. Oleh mendukung kemudahah wisatawan untuk mengakses informasi lokasi, Dinas Pariwisata Kota Ternate sedang membuat teknologi informasi yang dinamakan Tourism Information Center (TIC).

Kepada Halmaherapost.com, Jumat 14 Februari 2020, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly menjelaskan, pembuatan TIC merupakan instrumen untuk memudahkan Wisatawan Nusantara (Wisnus) maupun Wisatawan Manca Negara (Wisman) untuk mencari informasi terkait wisata, tempat menginap hingga tempat makan yang representatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly (kanan) bersama Kepala Bandara Babullah Ternate Cahirul Humam (kanan), melakukan foto bersama usai memperkenalkan TIC beberapa waktu lalu.

"Tourism Information Center (TIC) Bentuknya semacam monitor dengan layar sentuh untuk wisatawan bisa mencari tahu informasi yang dibutuhkan. Disiapkan pula brosur sebagai penunjang TIC. Kita tempatkan sejumlah petugas yang fasih berbahasa asing," bebernya.

Rizal bilang, TIC yang sehari dua akan siap beroperasi adalah di pintu keluar Bandara Babullah Ternate. Pemasangan TIC sudah mendapat lampu hijau dari Kepala Bandara Babullah Ternate beberapa waktu lalu.

"Kepala Bandara malah merespon positif. Ia menilai langkah ini merupakan langkah bagus untuk memajukan pariwisata di Kota Ternate, terutama wisata alam yang menjadi andalan kita," ungkapnya.

"Jadi, sembari menunggu koper atau barang bawan, para Wisnus dan Wisman bisa mencari tahu tempat menginap, tempat makan dan destinasi wisata mana yang akan dikunjungi selama disini," tambah Rizal.

Sembari menambahkan, TIC juga akan dipasang di hotel-hotel dan dibeberapa lokasi keramaian seperti taman, mall, pasar dan lain sebagainya. Dengan tujuannya tidak lain untuk mempermudah Wisnus dan Wisman mendapat informasi.

"Tinggal butuh sedikit anggaran dari APBD Induk tahun anggaran 2020 ini, untuk memaksimalkan TIC dan langsung bisa digunakan waktu dekat ini," tandasnya.

Penulis: Awi
Editor: Ata/Jal

Baca Juga