Anggaran Covid-19

Kelola Dana Covid Rp500 Juta, Dinkes Halmahera Barat Diminta Transparan

Ilustrasi

Jailolo, Hpost - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat, Rosfintje Kalengit diminta untuk transparan dalam mengelola anggaran penanganan Covid 19 yang dialokasikan senilai Rp 500 juta itu.

Permintaan itu disampaikan salah satu Anggota DPRD Halmahera Barat, Mahdin Husen.

Menurut dia, anggaran penanganan itu sudah dicairkan namun masih ditemukan kekurangan di lapangan, baik itu APD dan tenaga medisnya.

"Sampai saat ini berdasarkan amatan saya, di lapangan masih lambat, karena sampai saat ini untuk pengembangan pasien PDP saja langkah-langkahnya tidak diketahui seperti apa" ucapnya.

Dia menjelaskan, hak masyarakat Halbar untuk mendapat informasi mengenai perkembangan kerja Tim Satgus harus dipenuhi setiap hari.

Supaya masyarakat mendapat informasi yang benar agar tidak panik, terutama mengenai kondisi kesehatan PDP sudah membaikkah?

"Saya minta pertanggungjawaban anggaran 500 juta itu, jangan sampai tidak berjalan sesuai peruntukkan kemarin Pemda sampaikan mau cairkan 15 M, kami support demi Penanganan corona, tapi harus berjalan sesuai post nya karena masyarakat butuh perhatian penuh," pungkasnya.

Dengan begitu, dia mengingatkan agar jangan manfaatkan kesempatan seperti ini untuk memperkaya diri.

Politisi PKS ini juga menceritakan pasien pertama dari Halbar yang sempat diisolasi di RS Chasan Boesorie dan hasilnya negatif itu, sempat mengeluh karena hanya dititipkan begitu saja, tanpa diperhatikan pemda, minimal diberi makanan dan lain-lain.

"Selain itu Tim Gugus juga harus aktif beri informasi melalui media ke masyarakat agar masyarakat update informasi dan tidak panik dan semoga tim gugus bisa bekerja dengan baik untuk melindungi masyarakat Halbar, Begitu juga Pemerintah Daerah juga harus siapkan skema, bagaimana menghadapi kemungkinan  terburuk jika virus ini berlangsung lama apa yang dipersiapkan untuk masyarakat," cetus Mahdin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Rosfintje Kalengit yang juga sebagai Juru Bicara Tim Satuan Gugus Penanganan Covid19 Halbar ketika dikonfirmasi via WhatsApp Kamis 02 April 2020 menyatakan anggaran tersebut telah diperuntukkan untuk pembuatan spanduk, pengadaan Termoscan, Alat Pelindung Diri (APD) masker dan juga Disinfektan.

"Kami juga sudah pergunakan anggaran tersebut untuk pelayanan covid19, rujukan, pengawasan, informasi tentang covid, untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), ATK Pelaporan, Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Ambulance, BBM untuk Speedboat rujukan pasien ke Ternate dan juga operasionalnya," jelas Rosfintje.

Penulis: Ari
Editor: Ata/Red

Baca Juga