Covid-19 Maluku Utara

Penularan Lokal Terdeteksi di Ternate, Ini Penyebarannya

Wajah Kota Ternate dengan setumpuk permukiman terlihat dari perairan. Foto: Nurkholis Lamaau/cermat

Ternate, Hpost - Dari hasil pelacakan kontak erat yang dilakukan Tim Gugus Tugas kabupaten/kota terkini, Minggu 3 Mei 2020, menyebutkan diketahui sudah terjadi penularan lokal Covid-19 atau Corana Virus di Provinsi Maluku Utara.

Sebelumnya, penularan lokal sudah terdeteksi sejak kasus positif asal Taliabu kepada anaknya kasus positif 02. Namun, mata rantai penularan terputus. Ayah dan anak itu telah sembuh dan dipulangkan.

Berdasarkan data yang diterima Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, yang dibacakan Juru Bicara dr Alwia Assagaf, menyebutkan diantara 9 kasus baru yang terkonfirmasi positif sebagiannya terdeteksi bertambah akibat transmisi lokal atau penularan lokal karena kontak erat dengan pasien positif terdahulu.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Malut, dr Alwia Assagaf dalam konferensi pers, Minggu 3 Mei 2020, menyampaikan, hasil pemeriksaan spesimen baru yang terkonfirmasi positif sebanyak 9 orang, sementara negatif 6 orang dan semuanya berasal dari kota Ternate.

“Kami perlu berhati-hati dalam menentukan kasus mana yang merupakan transmisi lokal sehingga nanti kita umumkan lagi besok untuk kepastiannya. Tapi sepertinya sudah ada kasus transmisi lokal,” kata dr Alwia.

Data sebaran kasus covid-19 di Kota Ternate || Sumber; Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate

Dari hasil data yang dihimpun Halmherapost.com, penularan lokal itu disinyalir terdeteksi terjadi di kota Ternate dengan data akumulasi kasus positif sebanyak bertmabh menjadi 29 orang, setelah 9 orang dinyatakan positif Covid. 2 Pasien diantaranya terdeteksi kontak erat dengan pasien positif terdahulu.

Berikut penyebaran dan dan riwayat perjalanan mereka:

  1. Pasien laki-laki berusia (17), dengan alamat kelurahan Mangga Dua Utara kecamatan Ternate Selatan, dengan riwayat perjalanan Surabaya-Ternate.
  2. Pasien laki-laki berusia (20), alamat kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Ternate Selatan, dengan riwayat perjalanan Surabaya-Ternate.
  3. Pasien perempuan (37), alamat kelurahan Bastiong Talangame kecamatan Ternate Selatan, pasien PDP RSUD CB Ternate.
  4. Pasien laki-laki berusia (18), alamat kelurahan Bastiong Talangame kecamatan Ternate Selatan, dengan riwayat perjalanan Surabaya-Ternate
  5. Pasien laki-laki berusia (64), alamat kelurahan Kalumpang kecamatan Ternate Tengah, pasien PDP RSUD CB Ternate
  6. Pasien perempuan berusia (35), alamat Kelurahan Kota Baru kecamatan Ternate Tengah, kontak erat dengan pasien positif 04 asal Kota Tidore Kepulauan.
  7. Pasien perempuan berusia (54), alamat Kelurahan Akehuda kecamatan Ternate Utara, dengan riwayat perjalanan Bandung-Ternate.
  8. Pasien perempuan berusia (21), alamat kelurahan Tabam kecamatan Ternate Utara, kontak erat dengan pasien asal Tabam
  9. Pasien laki-laki berusia (18), alamat Kelurahan Toboleu kecamatan Ternate Utara, dengan riwayat perjalanan Surabaya-Ternate.
Penulis:

Baca Juga