Pemadaman Listrik

Listrik di Kota Weda Padam Setiap Waktu Berbuka dan Sahur

Ilustrasi: Shutterstock

Weda, Hpost - Listrik di kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, selalu padam saat berbuka puasa maupun ketika waktu sahur. Pohon tumbang menjadi penyebab utama pemadaman listrik.

Kondisi tersebut dikeluhkan warga tiga kecamatan yaitu Kecamatan Weda Tengah, Weda Utara dan Weda Timur Kabupaten Halmahera Tengah.

"Setiap malam ini lampu sering padam, walaupun padam tidak lama tetapi selalu bertepatan dengan buka puasa dan sahur, sehingga sangat mengganggu," keluh Salah satu warga Weda Tengah kepada Halmaherapost.com, Selasa 12 Mei 2020.

Ia meminta pihak PLN segera mengecek penyebab kerusakan untuk mengantisipasi terjadi pemadaman.

Selama ini, kata dia, pemadaman mendadak sangat mengganggu ketenangan warga karena terjadi hampir di setiap hari.

Begitu pula, Anto Warga Weda Utara, mengaku sudah dua malam ini listrik di wilayahnya sering padam, bahkan setiap mau buka puasa atau sahur.

Alasan pemadaman lampu tidak jelas. Biasanya, gangguan listrik disebabkan kerusakan travo yang ada di gardu atau saluran kabel aliran listrik tertimpa pohon.

"Dengan sering terjadi pemadaman listrik tentu kinerja PLN harus lebih dioptimalkan," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu warga Desa Sagea Kecamatan Weda Utara, Mufti Ahmad bilang, PLN seringkali matikan lampu di waktu malam.

Untuk itu pihaknya berharap, Kepada PLN Weda agar melihat kondisi lampu yang sering mati tanpa ada kejelasan dari masyarakat ini.

Terpisah kepala PLN Weda Fikar ketika dihubungi via WhatsApp membenarkan, lampu yang sering mati itu disebabkan cuaca yang buruk. Akibatnya pohon, daun kelapa bersentuhan dengan jaringan listrik sehingga mengakibatkan padamnya lampu.

"Cuaca yang mengakibatkan padamnya lampu di waktu malam," tutupnya

Penulis: Ino
Editor: Hasan Bahta

Baca Juga