Pasar Rakyat

Orang Patani Resmi Punya Pasar yang Memadai

Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara, saat meresmikan Pasar Rakyat Patani di Desa Malioforo, Kecamatan Patani Utara, Kamis 14 Mei 2020 || Foto: Istimewa

Weda, Hpost - Kamis 12 Mei 2020, orang patani utara resmi memiliki pasar yang memadai setelah Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara dan Abdurahim Odeyani, meresmikan Pasar Rakyat Patani yang dibangun di Desa Malioforo Kecamatan Patani Utara.

Sebelumnya, Jumat 8 Mei 2020, Bupati Edi Langkara juga telah meresmikan pasar rakyat Weda di desa Fidi Jaya Kecamatan Weda.

Bupati Halmahera Tengah dalam sambutannya mengatakan selain peresmian pasar di Maliforo ini juga akan dicanangkannya hari kamis sebagai hari pasar Malioforo.

"Kita tetapkan pasar Maliforo sebagai pasar di hari Kamis untuk kegiatan ekonomi pasar setiap sekali dalam seminggu untuk seluruh kecamatan di wilayah ini," kata orang nomor satu di Halmahera Tengah (Halteng) ini.

Bupati juga mengungkapkan pembangunan infrastruktur dalam 2,4 tahun kepemimpinannya dirasakan sebuah keadaan dinamika pembangunan.

"Tiada hari tanpa pembangunan, sebagai bukti komitmen elang rahim dalam membangun infrastruktur wilayah seperti jalan dan jembatan," ungkap Bupati.

Setelah pencanangan, Bupati menandatangani prasasti Peresmian pasar Maliforo yang telah diresmikan secara simbolis pada tahun 2019 lalu dan selanjutnya Bupati menyerahkan bantuan pangan beras kepada Camat Patani Utara, Patani, Patani Barat dan Patani Timur untuk didistribusikan di setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan masing-masing.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Ridwan Salidin dalam laporannya menyampaikan bahwa pasar Maliforo dengan luas lahan seluas 90x60m2 yang terdiri dari kios 11 unit, kantor pengelola 1 unit, lapak untuk pedagang barito, sayur mayur, dan ikan sebanyak 24 lapak. Dan dibiayai melaluo DAU sebesar 1.233.270.000 Milyar, dan DAK sebesar Rp. 997.500.000 pada tahun 2018.

Pencanangan yang bertempat di pasar Maliforo berlangsung cukup hikmad dan meriah dan dihadiri oleh Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, pimpinan DPRD Kabir Hi.Kahar, Hayun Maneke, asisten bidang ekonomi Husen Hi. Nurdin, beberapa pimpinan OPD, tokoh agama, Tokoh masyarakat serta para pedagang di pasar Maliforo.

Diakhir acara Bupati, Wakil Bupati, pimpinan DPRD, pimpinan OPD dan undangan lainnya meninjau pasar Maliforo.

Penulis: Ino
Editor: Red

Baca Juga