Covid-19

Positif Covid di Ternate Bertambah Lagi, Ini Sebarannya

Ternate, Hpost - Jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Ternate terus bertambah menjadi 52 orang. Hal ini diakui oleh Gugus tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Maluku Utara dalam press release, Minggu 17 Mei bahwa, ketika diterima hasil terdapat 4 orang terkonfirmasi positif dengan sebaran 2 di Kota Ternate dan 2 di Halmahera Utara, sesuai hasil Test Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoirie.

Juru bicara Gustu Covid-19 Malut, Alwia Assagaf mengatakan, setelah diterima hasil pemeriksaan melalui TCM di RSUD CB sebanyak 13 spesimen, dengan hasil pemeriksaan terdapat 4 orang terkonfirmasi positif, dua dari Kota Ternate dan dua-nya lagi dari Halmahera Utara.

"Pasien 89, laki-lqi SL, (35), beralamat di Rawajaya Halut, adalah pendatang yang melakukan perjalanan dari Bogor. Pasien 90, laki-laki SM (33), beralam di Desa Upa Halmahera Utara, pendatang yang melakukan perjalanan dari Bogor," urai Alwia.

Sementara untuk di Ternate, yakni pasien 91 Perempuan DTM (38), beralamat di kelurahan Ngidi, sebelumnya berstatus OTG karena kontak dengan pasien positif terdahulu. Sedangkan pasien 91, laki-laki SAJ (51) beralama di Akehuda, dengan status sebelumnya PDP (kluster akehuda).

Selain itu kata Alwia, Jumlah Orang Tanla Gejala (OTG) terjadi penambahan sangat signifikan sebanyak 233 orang di 8 Kabupaten/Kota selain Morotai dan Taliabu, jadi jumlah OTG secara kumulatif 773 orang. Hal ini dikarenakan adanya tracking terhadap pasien positif.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP), lanjut Alwia, terjadi pengurangan secara keseluruhan sebanyak 6 orang di Halmahera Tengah, Halmahera Selatan, dan Morotai. Dengan demikian, jumlah ODP di Malut menjadi 121 orang.

"Kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara keseluruhan ada penambahan sebanyak 5 orang di Halmahera Barat, Halmahera Tengah, dan Ternate," terangnya,
sembari menyampaikan, jumlah kasus sembuh 12 orang dan jumlah kasus meninggal 4 orang.

Saat ini, total orang yang menjalani karantina dan isolasi di Ternate sebanyak 78 orang.

Alwia merinci ada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 21 orang diantaranya, 19 kasus positif covid-19, 1 PDP dan 1 orang ODP. Dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 57 orang dengan rincian 38 pasien terkonfirmasi positif, 12 OTG, 2 PDP serta 5 orang pelaku perjalanan.

Penulis: Dim
Editor: Red

Baca Juga