Sekilas Info

Pendidikan Virtual

Siswa SD dan SMP se-Kota Ternate Ulangan dari Rumah

Salah satu siswa SMP di Kota Ternate, Senin 15 Juni 2020 || Foto: Qra/Hpost

Ternate, Hpost - Sebanyak 109 Sekolah dasar dan 29 SMP kota Ternate hari ini mengikuti ulangan semester ke II di tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan ulangan semester ke II kali ini dilakukan berbeda dengan mengikuti ulangan dari rumah karena adanya pandemi Covid-19.

"Ulangan semester dua untuk tingkat SD sudah dimulai hari ini, dan soal ulangan dibagikan kepada semua murid sejak Sabtu 13 Juni 2020 dengan cara dibawah langsung kerumah setiap murid,"  kata Salah satu guru yang juga merupakan wali kelas di SD Negeri 44 Kota Ternate, Anwar Mainur, kepada Halmaherapost.com, pada Senin 15 Juni 2020 pagi tadi.

Dia menambahkan, ulangan akan berlangsung selama 6 hari sejak hari ini hingga Sabtu 20 Juni 2020. Kertas soal yang sudah dijawab atau dikerjakan oleh murid nantinya akan dikembalikan oleh orang tua masing-masing ke rumah guru.

"Hal itu dilakukan agar terjalin silahturahmi antara orang tua murid dan guru," ujarnya.

Sementara itu salah satu orang tua murid di sekolah MTs Negeri 1 kota Ternate yakni Yunita menyebutkan, anaknya yang saat ini duduk di salah satu SMP di kota Ternate sejak hari ini sudah mengikuti ulangan semester dua dengan menggunakan metode Daring.

“Jawabannya dijawab melalui aplikasi Grup Whats App yang sudah dibuat masing-masing sekolah,” katanya.

Terpisah ketua PGRI Kota Ternate, Isman Do Idris, menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, untuk pengerjaan soal ulangan bagi siswa SD dan SMP di kota Ternate dilakukan dari rumah masing-masing tiap siswa.

Isman mengatakan, sebelumnya siswa didata terlebih dulu untuk mengetahui kesiapan mengikuti ulangan melalui aplikasi.

"Bagi yang tidak bisa mengakses internet, akan didatangi panitia pelaksana, namun tentunya tetap mengikuti Protap covid-19 yang sudah ditetapkan," katanya.

Isman menjelaskan, untuk hasil ulangan kenaikan kelas yang sudah dikerjakan oleh siswa SD akan diambil oleh wali kelas siswa tersebut atau orangtua yang akan mengantarkannya ke rumah guru.  Sedangkan untuk tingkat SMP soal dan jawaban menggunakan sistem Daring, dimana semua siswa yang memiliki  handphone Android akan mengerjakan soal ulangan melalui Daring.

"Tapi untuk siswa yang tidak memiliki android dan tidak bisa mengakses internet nanti akan melakukan ulangan secara offline dengan di datangi guru di rumah, dan bagi siswa yang sedang berada diluar kota atau tidak bisa mengakses internet bisa ikut ulangan susulan," pungkasnya.

Penulis: Qra
Editor: Red

Baca Juga