Covid-19

Kembali dari Cuti Melahirkan, Karyawan PT IWIP Positif Covid-19

Ilustrasi

Weda Hpost - Dua karyawan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang telah terkonfimasi positif Covid-19 atau Corona Virus Disease merupakan pasien yang terdeteksi di kawasan industri tersebut setelah kembali dari cuti.

“Mereka berdua itu merupakan pasien yang telah terdeteksi di Perusahan industri PT IWIP. Deteksi yang telah dilakukan itu adalah merupakan kegiatan operasi rutin di manajemen PT IWIP melalui kliniknya, ketika ada tambahan karyawan baru yang masuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Halmahera Tengah, Rijja Rajana, kepada Halmaherapost.com, Selasa 30 Juni 2020.

Menurut Rijja, karyawan yang baru masuk itu dilakukan deteksi secara rutin dan sejak 14-17 Juni 2020. Dari hasil deteksi ditemukan kurang lebih ada tiga orang karyawan yang baru masuk atau dipanggil kembali untuk bekerja. Hasil hasil rapid test keduanya reaktif.

Selanjutnya, sesuai dengan protokol kesehatan harus dirujuk untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan agar memastikan yang bersangkutan positif atau pun bukan.

"Tiga orang yang dirujuk pada tanggal 15 Juni 2020 itu untuk dilakukan periksa lanjutan (Swab test) dan hasilnya baru saja keluar ternyata dua orang itu hasilnya Positif, dan sisanya satunya lagi menunggu hasil swab-nya," ungkapnya.

Rijja juga menjelaskan, untuk riwayat perjalanan dua pasien positif Covid-19 itu, diantaranya inisial JF (23) dari Ternate karena cuti dan dipanggil kembali oleh perusahaan. Sementara dan inisial MI (24) juga melakukan cuti melahirkan di Tidore kemudian kembali ke Weda dan mendapat panggilan kerja di PT IWIP.

Rijja menambahkan, orang yang reaktif belum bisa dirujuk ke Ternate, karena sementara tempat karantina di Ternate sudah penuh.

"Kalau pasien PT IWIP yang reaktif akan di karantina di lokasi PT IWIP sendiri. Kalau Pasien umum dilakukan Isolasi mandiri di rumah, dan kita dari dinkes akan terus pantau," tutupnya.

Sekadar diketahui pasien positif di Kabupaten Halmahera Tengah, sebanyak 7 orang.

Penulis: Ino
Editor: Ino
Photographer: Firjal

Baca Juga