Sekilas Info

PCR

Ini Alasan PCR Belum Beroperasi, Gustu Dapat Bantuan Lagi

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (kanan) saat menerima bantuan kebutuhan medis Covid-19 dari Gustu Pusat, Senin 6 Juni 2020 || Foto: Dim/Hpost

Ternate, Hpost – Satu unit mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang sudah dua pekan berada di RSUD Chasan Boesoirie Ternate belum berfungsi karena tidak ada tenaga medis yang bisa mengoperasikan mesin tersebut.

Meskipun bagitu, satu unit mesin PCR belum dipakai tetapi Gustu Pusat berikan bantuan satu mesin PCR lagi kepada Gustu Malut.

Bantuan mesin ini diserahkan langsung oleh Ketua Gustu Pusat, Doni Monardo di Sahid Hotel Ternate, saat melakukan kunjungan kerja di Maluku Utara, Senin  Juni 2020. Selain PCR, Gustu Pusat membantu sejumlah kebutuhan medis untuk penanganan Covid-19.

Daftar bantuan kebutuhan medis Covid-19 yang diterima Gustu Malut dari Gustu Pusat, Senin 6 Juli 2020 || Foto: Istimewa

Sebelumnya, mesin PCR bantuan dari BNPB pusat itu tiba di Ternate pada 24 Juni 2020. Namun, keberadaan mesin itu belum banyak membantu karena hingga saat ini Gustu Malut memeriksakan spesimen pasien ke Makassar dan Manado.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan  dr. Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers di Hotel Sahid, mengaku, satu mesin yang ada di Ternate belum bisa  difungsikan  karena belum ada tenaga medis di bidang tersebut.

Dia berjanji, Gustu Pusat akan terus mendorong agar mesin PCR akan difungsikan dengan cara melatih para tenaga medis di Malut untuk bisa mengetahui penggunaan PCR dan pengambilan Sweb.

Sebab, lanjut dia, persyaratan penggunaan PCR ini memang cukup ketat, hal ini agar penggunaan laboratirium tidak menjadi episentrum penularan baru.

“Yang ditakutkan jangan sampai pengambilan Swab dapat tertular,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru bicara Gustu Provinsi Malut, dr.Alwia Assagaf. Ia mengaku akan melatih tenaga medis untuk bisa mengetahui penggunaan alat tersebut.

“Jadi pelatihannya bisa melalui video conference (Vicon),” tutupnya.

Penulis: Dim
Editor: Firjal

Baca Juga