Sekilas Info

Covid-19

‘Attack Rate’ Covid-19 di Maluku Utara Belum Melambat

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr Alwia Assagaf saat konferensi pers di Media Center Posko Sahid Hotel, Kamis 16 Juli 2020 || Foto: Dim/Hpost

Ternate, HpostAttack rate atau tingkat penyebaran Virus Corana Disease di Maluku Utara belum melambat. Buktinya, pada  Kamis 16 Juli 2020, masih terdapat penambahan 37 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara case recovery rate atau angka kesembuhan masih rendah.

Hal itu disampaikan, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf mengungkapkan, attack rate kasus corona di Malut mencapai 92,59 per 100.000. Itu berarti, di antara 100.000 penduduk terdapat 92 hingga 93 orang yang dinyatakan positif corona.

Case fatality rate atau angka kematian terbilang masih cukup tinggi, yakni 3,3 persen. Case recovery rate atau angka kesembuhan, sebaliknya, tercatat masih cukup rendah, yakni 12,2 persen.

Positive rate per 14 Juli sebesar 39,6 persen yang artinya angka kasus positif pada saat pemeriksaan laboratorium cukup tinggi. Lalu reproduksi efektif per 14 Juli 1,2 yang berarti penularan virus di masyarakat masih cukup tinggi.

“Maka dari data indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa penularan Covid-19 sampai dengan saat ini masih cukup tinggi di masyarakat,” pungkas Alwia.

Alwia merinci, angka terkonfimasi positif hari ini diperoleh dari hasil pemeriksaan spesimen melalui Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Chasan Boesoirie Ternate sebanyak 3 orang, polymerase chain reaction (PCR) BBLK Makassar sebanyak 24 orang, dan laboratorium RSU Mitra Kemayoran Jakarta sebanyak 10 orang.

“Sebaran pasien baru adalah Kota Ternate 21 orang, Halmahera Utara 14 orang, Kepulauan Sula 1 orang, dan Kota Tidore Kepulauan 1 orang,” tuturnya.

Alwia menambahkan, ada pula pasien yang dinyatakan sembuh hari ini, yakni sebanyak 4 orang. Para pasien tersebut berinisial KA dan berasal dari Halmahera Timur, RD dari Kepsul, HK dari Halut, dan TJ dari Tikep.

“Sehingga jumlah pasien sembuh sampai hari ini sebanyak 148 orang, sedangkan pasien meninggal akibat Covid-19 tetap 39 orang,” sambung Alwia.

Saat ini, pasien yang tengah dirawat di RSCB Ternate sebanyak 25 orang yang terdiri dari 16 kasus positif Covid-19, 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 2 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sedangkan yang sedang menjalankan karantina di Sahid Bela Hotel Ternate sebanyak 71 orang yang terdiri dari 67 kasus positif dan 4 Orang Tanpa Gejala (OTG).

Penulis: Dim
Editor: Firjal

Baca Juga