BUMDes

Produksi Sagu, BUMDes Moreala Keciprat Rp1 Miliar

Istimewa

Weda, Hpost - Untuk memproduksi Sagu Lempeng, Tepung Sagu dan Abon Ikan, BUMDes Moreala, Kecamatan Patani, Halmahera Tengah mendapat bantuan miliaran rupiah.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Peridagkop) Halmahera Tengah (Halteng) Ridwan Saliden kepada Halmaherapost.com, mengaku dalam waktu dekat ini akan dibangun satu paket rumah industri kecil dan menengah untuk pengolahan sagu oleh BUMDes Moreala.

"Sebenarnya sudah dari kemarin lagi hanya saja ditunda saat pandemi Covid-19, kemudian setelah new normal  ini dikembalikan untuk pemulihan ekonomi," jelas Ridwan, Minggu 19 Juli 2020.

Ridwan menyebutkan, untuk anggaran pembangunan IKM ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020.

"Anggaran semua 1 Miliar, penggunaan fisiknya Rp500 juta, pengadaannya Rp450 juta, ditambah biaya perencanaan dan pengawasannya Rp50 juta," cetusnya.

Ridwan bilang, untuk sementara ini sudah proses lelang tender, sehingga siapa yang ditunjuk dapat maka dia laksanakan.

"Pembangunan itu satu paket, gedung dan peralatan fasilitasnya lengkap semua," ujarnya.

Ketika ditanya peralatan apa saja yang disediakan, Ridwan mengatakan belum melihat di dalam item-item peralatan apa saja.

"Jadi nanti setelah dibangun akan saya kembalikan datanya. Yang jelas fasilitas pengolahan sagu itu sudah pasti mesin pres sagu dan pengering," tutupnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Moreala, Ramdhani kepada Halmaherapost.com mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemda Halteng dalam hal ini Disperindagkop.

"Semoga ini agar cepat dibangun biar produksi kami lebih efektif karena sudah tidak lagi takut dengan musim hujan, kalau musim hujan kami terkendala produksi," harapnya.

Penulis:

Baca Juga