Sekilas Info

Telekomunikasi

Tahun Ini, 5 Tower Telekomunikasi Dibangun di Halmahera Tengah

Ilustrasi

Weda, Hpost - Sebanyak 5 menara telekomunikasi alias tower akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah di lima desa. Kelima desa itu adalah Desa Sagea, Desa Waleh, Kota Weda, Desa Loleo dan Desa Wailegi.

"Titik yang akan dibangun tower ini terbagi di beberapa kecamatan di tahun 2020 antaranya,  Desa Sagea, dan Waleh kecamatan Weda Utara, Desa Wailegi Kecamatan Patani, Desa Loleo dan Wairoro Kecamatan Weda Selatan, dan Kota Weda," jelas Wakil Bupati Halteng Abdurahim Odeyani.

Imo - begitu dia disapa, menjelaskan ia diperintahkan oleh Bupati Edi Langkara untuk mengalokasikan sejumlah anggaran pembangunan menara dengan ketinggian 72 meter untuk kecamatan Patani Barat, dan 92 meter di Desa Wailegi Kecamatan Patani.

Tidak hanya itu, tahun ini juga repiter telkomsel yang sudah dilelang, dan ada 4 lagi yang sementara dilelang, yang berlokasi di Desa Sagea Kecamatan Weda Utara, dan Desa Loleo Kecamatan Weda Selatan.

"Dan dalam waktu dekat, ada 2 lagi yang akan dilelang,  dan titiknya itu ada di Desa Waleh dan Wairoro," ucap politisi Nasdem ini.

Menurut Ketua DPD Nasdem Halteng ini juga untuk sementara di Kota Weda sendiri, ada penambahan satu tower yang titiknya berada di kilometer 3, dan juga ada penambahan kapasitas pada tower induk.

Untuk anggaran menara repiter itu senilai Rp.600 juta per satu repiter,  sedangkan tower yang 72 meter itu berkisar 2,6 miliar, dan yang 92 meter itu 3 miliar lebih mendekati 4 miliar.

"Jadi semua tower yang dibangun ini semua repiternya 30 meter, karena sudah ada titik-titiknya sehingga sisa penambahan tower untuk penguatan dan semunya langsung jaringan 4G," jelas Imo.

Orang nomor dua di Halteng ini juga mengatakan, pada tahun 2021 nanti Pemkab berencana bangun tower di Tanjung Ngolopopo dan Pulau Gebe.

"Sebelum berakhir masa periode Elang-Rahim, Masyarakat di Halteng sudah bisa merasakan pelayanan telekomunikasi yang merata di semua desa," tutupnya.

Sebelumnya, Rabu 20 Juni 2020, pembangunan tower jaringan telekomunikasi 4G setinggi 72 meter sudah mulai dibangun di lokasi Tanjung Remdi Desa Bobane Jaya Kecamatan Patani Barat Kabupaten Halmahera Tengah. Sementara itu, seperti yang diberitakan, Halmaherapost.com 20 Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah pada tahun ini bakal mendapatkan bantuan 18 Tower Jaringan Telekomunikasi, dengan menggunakan provider Telkomsel.

Bantuan ini melalui hasil pertemuan antara Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Tengah (Halteng) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta.

Penulis: Ino

Baca Juga