Virus Corona

Gustu Covid-19 Bubar, Lokasi Karantina Akan Dipindahkan ke Sofifi

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Syamduddin A. Kadir, saat diwawancarai awak media, Rabu 24 Juni 2020, di Ternate || Foto: Qra/Hpost

Ternate, Hpost – Pemerintah Provinsi Maluku Utara berencana memindahkan lokasi Karantina ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sofifi pada Agustus mendatang. Tak hany itu, Pemprov juga membubarkan gugus tugas percepatan Penanganan Covid-19 untuk membentuk kembali komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi.

Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin A Kadir kepada Wartwan, Selasa 21 Juli 2020, mengatakan, persoalan penanganan penyakit bukan berarti harus ada Gustu, tetapi penyakit tetap ditangani.

Di sisi lain, pemindahan lokasi karantina ke Sofifi harus dilakukan karena Rumah Sakit sudah selesai dikerjakan akhir bulan Agustus, sekaligus mengubah nomenklatur organisasi berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Dengan Perpres ini kami akan berencana membentuk satgas dan membubarkan Gugus, dan membentuk komite. Komite itu dibawahnya ada satgas ekonomi dan satgas penanganan Covid-19, tetapi kami masih sesuaikan dari pusat, tapi pasti ada petunjuk komposisi komite,” jelasnya.

Samsuddin bilang, Rumah Sakit Sofifi yang berdekatan dengan Kantor Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Maluku Utara. Kantor tersebut sementara belum digunakan sehingga dijadikan tempat karantina, karena memiliki 40 kamar.

“Tapi lokasi karantina di Sofifi kami akan siapkan 100 kamar. Tetapi saat ini kami masih focus terhadap karantina mandiri kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan, pemeriksaan laboratorium tetap dilaksanakan di RSUD Chasan Boesoirie tetapi TCM bisa jadi dialihkan ke Rumah Sakit Sofifi.

“Kita sekarang kan punya PCR dan TCM, mungkin saja TCM bisa di taru ke RS Sofifi agar pemeriksaan bisa di periksa langsung di Sofifi, tapi teknisnya bisa diatur kemudian hari, intinya kita akan mendorong lokasi karantina ke Sofifi,” terangnya.

Penulis: Dim
Editor: Firjal

Baca Juga