Sekilas Info

Paskibraka

Jumlah Paskibraka Upacara HUT RI Terancam Dikurangi

Paskibraka Kota Ternate 2019 || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Jumlah Pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) Kota Ternate tahun 2020 terancam dikurangi.

Hal ini sesuai surat keputusan dari Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensetneg) dengan nomor : B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 karena adanya pandemi covid-19 upacara HUT RI tetap dilaksanakan di Istana Negara namun untuk daerah-daerah disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Ternate, Sutopo Abdullah kepada Halmaherapost.com, Senin 20 Juli 2020, untuk seleksi paskibraka kota Ternate sudah dilakukan dan tinggal mendengarkan hasil seleksi.

"Seleksi sudah dilakukan dan sekarang Dispora belum bisa umumkan karena sebagaimana dengan edaran yang kita terima dari kemensetneg bahwa pelaksanaan upacara sesuai dengan pelaksanaan upacara di Istana Negara," tutur Sutopo.

Oleh karena itu, pihaknya bersama purna Paskibraka akan menghadap Wali kota guna melaporkan pelaksanaan hasil seleksi.

"Dalam minggu ini kita akan umumkan hasil seleksi Paskibraka sembari menunggu surat edaran terbaru kemensetneg untuk metode pelaksanaan upacara 17 Agustus 2020," ucap Sutopo.

Untuk jumlah paskibraka, kata Sutopo, masih menunggu surat edaran baru, karena sebelumnya telah disampaikan oleh kemensetneg bahwa jumlah paskibraka hanya 3 orang yakni pengibar bendera saja.

"Makanya kita belum umumkan karena jika hanya 3 orang yang dipakai, terus bagaimana dengan ratusan siswa yang sudah ikut seleksi," pungkasnya.

Ditambahkan, bahwa saat ini Dispora telah mempersiapkan paskibraka dengan hasil seleksi yang nanti akan diumumkan. Hal itu dilakukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka anggota sudah siap.

Rencananya untuk pelaksanaan peringatan HUT RI ke 75 tahun tidak lagi dilaksanakan di Lapangan Salero melainkan di halaman kantor Wali kota Ternate dengan menggunakan paskibraka hanya pasukan 17 dan 8 saja.

Penulis: Qra
Editor: Firjal

Baca Juga