Sekilas Info

Covid-19

Kesembuhan Karyawan PT NHM Lewati Jumlah yang Ditangani Gustu Malut

Ilustrasi

Tobelo, Hpost - Ratusan karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang terpapar virus corona diklaim oleh pihak manajemen telah sembuh. Angka kesembuhan itu bahkan melebihi angka kesembuhan pasien positif corona yang ditangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara.

"329 karyawan PT NHM dan kontraktor yang sembuh tersebut telah menjalani swab test dari tim medis RS Mitra Keluarga Jakarta yang kedua kali dan dinyatakan negatif,” papar Perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit, investor baru PT NHM, Amin Anwar, Minggu26 Juli 2020.

Sementara itu, data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utarahari ini Minggu 26 Juli 2020, mencatat angka kesembuhan hanya bertambah 4 orang dengan jumlah akumulasi kesembuhan 274 orang.

Sebelumnya, Kamis 16 Juli 2020, Klaim PT Nusa Halmahera Mineral atas kesembuhan karyawannya sebanyak 255 orang ternyata tak dapat dibuktikan dengan hasil pemeriksaan laboratorium. Pihak manajemen malah hanya menyodorkan tabel daftar pasien sembuh dalam format excel.

Hal itu terkuak setelah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengadakan pertemuan dengan perwakilan manajemen PT Nusa Halmahera Mineral (NHM), Amin Anwar, Kamis 16 Juli 2020, di Posko Covid-19 Sahid Hotel, Ternate.

Terkait data kesembuhan terbaru, Amin bilang, swab test para karyawan dilakukan tim medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta. Swab test dilakukan pada 13 dan 14 Juli kemarin dan hasilnya telah dikeluarkan rumah sakit.

Karyawan yang negatif satu kali sebanyak 115 orang dan negatif dua kali ada 214 orang. Pasien yang telah dinyatakan sembuh pun dipulangkan ke rumah masing-masing.

"Kami berharap karyawan PT NHM yang terpapar Covid-19 segera sembuh total dan yang sudah dinyatakan sembuh ketika melakukan swab test dua kali mereka telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing,” terang Amin.

"Atas nama Manajemen PT NHM kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Halut, Kota Ternate dan Pemerintah Maluku Utara yang telah membantu memberikan kemudahan dalam memfasilitasi tempat karantina karyawan,” tandas Amin.

Penulis: Red

Baca Juga