Kades

Tahapan Kasus Kades Masure di Halmahera Tengah Menunggu Hasil Audit

Kasat Reskrim Polres Halteng, AKP Effan A.Sulaiman || Foto: Ino/Hpost

Weda, Hpost - Insiden kebakaran rumah milik Kepala Desa Masure, Kecamatan Patani Timur, Kabupaten Halmahera Tengah, Buang Samiun beberapa bulan lalu akan diekspose.

Ekspose kebakaran yang melalap abis berkas dan Anggaran Dana Desa senilai Rp 400 Juta menunggu hasil audit inspektorat Halteng.

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Kepolisian Resort (Polres) Halmahera Tengah (Halteng) AKP Effan.A Sulaiman, kepada Halmaherapost.com, pekan lalu, mengatakan insiden kebakaran yang terjadi itu pihaknya menurunkan tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri cabang Makassar untuk membantu Reskrim polres halteng dalam penyelidikan kebakaran tersebut, hasilnya sudah dikantongi.

"Hasil Labfor sudah ada di kita cuma sengaja belum kita sampaikan ke rekan-rekan wartawan, nanti sekalian kita lakukan konferensi pers," ungkap Effan.

Effan juga mengatakan untuk saat ini saksi juga sudah diperiksa, untuk sementara cukup yang kita butuhkan.

Selain itu juga, kata Effan, pihaknya juga lakukan permintaan hasil audit investigasi ke inspektorat daerah.

"Sementara kita masih menunggu hasil dari inspektorat, tinggal menunggu inspektorat, kemudian hasil dari inspektorat masuk berarti langsung kita ekspose ke kejaksaan," tandasnya.

Sebelumnya, AKP Effan A.Sulaiman kepada Halmaherapost.com, Senin 20 Januari 2020 mengatakan Insiden kebakaran rumah itu masih dilakukan penyidikan oleh penyidik Polres Halteng.

Sementara untuk hasil penyidikan kebakaran, api melalap satu unit kamar yang terletak di bagian belakang. Kebakaran yang terjadi di kamar belakang tidak merembet, terbakarnya tembok disekitar lemari.

“Untuk plafon di kamar yang terbakar tidak ada, karena kamar tersebut tidak memakai plafon. Saksi yang diperiksa berjumlah 19 orang termasuk Kades Masure,” tutup kasat.

Penulis: Ino
Editor: Hasan Bahta

Baca Juga