Sekilas Info

PDAM

PDAM Perbaiki Pipa Saluran Air Bersih di Ternate Barat

Ilustrasi

Ternate, Hpost – PDAM Kota Ternate memastikan pasokan air bersih di kecamatan Ternate Barat kembali normal. Keluhan masyarakat terkait masalah pasokan air juga telah diperbaiki setelah PDAM meninjau langsung lokasi di Kelurahan Sulamadaha.

Sebelumnya, warga Kelurahan Sulamadaha sejumlah kelurahan yang ada di kecamatan Ternate Barat mengeluh soal air PDAM yang tidak mengalir beberapa pekan kemarin.

"Kami langsung turun sekalian lakukan perbaikan seperti di Sulamadaha sampai di Kelurahan Kastela. Jadi hari itu kita keliling Ternate dan perbaiki semua kendala yang dialami masyarakat," kata Dirut PDAM Kota Ternate Abdul Gani Hatari, ketika diwawancara Halmaherapost.com  Rabu 29 Juli 2020.

Abdul bilang, untuk air di Kelurahan Sulamadaha dari PDAM sudah turun dan sudah melakukan koordinasi dengan Lurah setempat.

"Pihak PDAM sudah turun dan ketemu Lurah setempat untuk sosialisasi dan nanti Lurah yang sampaikan ke warganya," ucap Abdul.

Soal keluhaan air yang berubah warna di beberapa kelurahan di kecamatan Ternate Pulau, Abdul mengaku, itu dikarenakan terjadi kebocoran pipa. Namun, pihaknya saat ini sedang memperbaiki pipa tersebut.

"Kebocoran pipa itu langsung diperbaiki tidak sampai satu hari juga, dan air kembali bersih seperti biasa," ungkapnya.

Saat ini jumlah pelanggan PDAM kota Ternate sebanyak 30.135 pelanggan.  Sementara pemakaian air dalam satu hari mencapai 15.067.500 liter.

"Satu orang menggunakan air 100 liter, dan satu pelanggan di hitung 506 jiwa yang ditargetkan, jadi pemakaian dalam sehari 15. 067.500 liter," jelasnya.

Ia mengaku sejauh ini, untuk pelayanan semua pelanggan masih tercukupi.

"Meskipun pelayanan tidak 24 jam namun tiap hari itu bisa terpenuhi," singkatnya.

Penulis: Qra
Editor: Firjal

Baca Juga