Dukcapil

Pelayanan KTP di Halmahera Tengah Antre Berjam-jam, Kadis Kemana???

Kantor Dukcapil Halmahera Tengah || Foto: Ino/Hpost

Weda, Hpost - Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Tengah dikeluhkan. Keluhan ini mencuat lantaran harus menunggu berjam-jam untuk memperoleh Surat Keterangan (pengganti KTP) yang telah ditandatangani kepala dinas kantor tersebut.

Pantauan Halmaherapost.com, Rabu 5 Agustus 2020 di kantor Dukcapil yang beralamat di Desa Nurweda itu terlihat sejumlah warga sedang antri menunggu surat keterangan (Suket) mereka.

"Sudah tiga jam ini saya baku tunggu tapi petugas bilang tunggu sebentar. Katanya, ada petugas yang antar suket ke rumah kadis untuk ditanda tangan, tapi sudah lama saya tunggu," kata salah satu warga yang namanya tak mau dipublis.

Dia menuturkan, lebih parahnya lagi petugas yang hendak pergi untuk minta tanda tangan kadis belum juga balik, padahal sudah pergi satu jam yang lalu, mungkin rumah kadis berada di Lelilef.

"Rumah kadis itu kan tidak jauh dari kantor saja," cetusnya

Salah satu petugas Dukcapil ketika ditemui mengatakan, untuk suket ini masih tanda tangan manual, berbeda dengan KTP.

"Jadi sementara ada petugas yang antar suket ke kadis untuk tanda tangan, karena suket pakai tanda tangan manual," jelasnya.

Ketika ditanya kenapa suket harus di antar ke rumah kadis, dia mengatakan mungkin kadis lagi sibuk jadi belum ke kantor.

"Kadis ini juga kan sementara menjabat Plt kepala BKD Halteng," tutupnya.

Penulis: Ino
Editor: Hasan Bahta

Baca Juga