Sekilas Info

Pilkada Serentak

Terima Rekom DPP PDIP, FAM-SAH Penuhi Syarat Mendaftar ke KPUD

Istimewa

Ternate, Hpost - PDI Perjuangan resmi mengumumkan usungan terhadap lima pasangan calon kepala daerah asal Provinsi Maluku Utara, Selasa 11 Agustus 2020.

Kelima paslon tersebut adalah Fifian Adeningsi Mus-Saleh Marasabessy dari Kepulauan Sula,  Usman Sidik-Hasan Ali Bassam Kasuba dari Halmahera Selatan, Joel Wagono-Said Badjak dari Halmahera Utara, Danny Missy-Imran Lolori dari Kabupaten Halmahera Barat, dan Muhaimin Syarif-Safrudin Mohalisi dari Pulau Taliabu.

Nama-nama para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP ini diumumkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Jakarta. Pengumuman dimulai dari calon kandidat yang maju di wilayah Indonesia timur sampai barat.

"Kabupaten Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus-Saleh Marasabessy," baca Puan.

Khusus untuk Pilbup Kepulauan Sula, Pasangan Calon Fifian Adeningsi Mus-Saleh Marasabessy atau diakronim FAM-SAH sudah menenuhi syarat mendaftar ke KPUD, setelah sebelumnya sudah mengantongi rekomendasi DPP Partai Hanura dengan kouta 1 kursi, DPP PPP 2 kursi, dan PBB 1 kursi. Dengan demikian perolehan kursi untuk dukungan FAM-SAH sebanyak 6 kursi, dimana syarat untuk mendaftar di pilbup Kepulauan Sula sebesar minimal 20 persen, atau 5 kursi.

Dilansir dari cnnindonesia.com, pengumuman ini merupakan gelombang ketiga setelah DPP PDIP mengumumkan 48 pasangan calon pada 19 Februari, dan 45 nama calon pada gelombang kedua pada 17 Juli. Pilkada 2020 sendiri digelar di 270 daerah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota

Pada pengumuman gelombang pertama, nama kandidat Pilkada Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim-Muhammad Sinen turut diumumkan.

Pada gelombang kedua, kandidat Pilkada Kota Ternate, Merlisa-Juhdi Taslim resmi diusung PDIP.

Itu berarti, tinggal Kabupaten Halmahera Timur yang belum diumumkan dukungannya.

Penulis:

Baca Juga