Sekilas Info

Pilwako Ternate

Ini Skema MHB-GAS Meningkatkan Mutu Pendidikan Kota Ternate

Bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota Ternate Muhammad Hasan Bay (MHB) dan wakil wali kota Ternate Asghar Saleh (GAS).

Ternate, Hpost - Dunia pendidikan merupakan sektor terpenting dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah, sehingga inilah yang menjadi salah satu visi misi dari Bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota Ternate Muhammad Hasan Bay (MHB) dan wakil wali kota Ternate Asghar Saleh (GAS).

Menurut MHB secara umum fasilitas pendidikan di kota Ternate sudah memadai. Namun yang terpenting yakni mutu pendidikan, dimana kualitas guru atau tenaga pengajar yang masih perlu ditingkatkan.

"Saya berikan contoh, bahwa sampai hari ini yang menjadi pertanyaan besar yakni output dari pendidikan kita ini belum mengantarkan satu anak menjadi Kapolres atau Dandim," jelasnya.

Untuk itu MHB-GAS, jika terpilih nanti pada Pilwako 2020 akan melahirkan program pengembangan potensi putra daerah dan kualitas pendidikan.

"Torang sama-sama tahu bahwa pendidikan kita jika dilihat diluar Maluku utara secara kualitas kita agak ketinggalan dimana sumber daya manusianya," ungkap MHB.

Dalam beberapa rekrutmen yang dilakukan beberapa output pendidikan di kota Ternate, justru masih kalah bersaing dengan daerah lain.

"Untuk itu kami berdua MHB-GAS akan tidak bisa selesaikan dengan membaca perspektif pendidikan yang terjadi, untuk itu sesuai dengan tagline kami yakni "Bersama Lebih Baik" maka kami mengajak guru-guru membaca perspektif pendidikan untuk bagaimana ke depan memecahkan permasalahan ini," ujar MHB.

Untuk guru SD maupun SMP, APBD-nya sangat minim, sehingga jika nantinya masyarakat kota Ternate memilih MHB-GAS, maka keseluruhan untuk guru harus masuk APBD.

Senada dengan itu, Asghar Saleh yang menyebutkan banyak masalah pada program pendidikan di kota Ternate saat ini. Semisal kepala sekolah yang ada Permendiknas dimana payung di atasnya ada Perda, UU sehingga ini yang nantinya akan dikembalikan ke fungsinya masing-masing.

"Semisal syarat untuk jadi kepsek, harus memiliki Nuks terus dia minimal harus selama 4 tahun dan dipilih lagi jadi kepsek, jika prestasinya luar biasa tapi kalau tidak maka akan diputar dan bisa saja guru jdi kepsek dan kepsek jadi sebaliknya," tambah Asghar.

MHB-GAS akan mendorong guru-guru yang memiliki kualitas managerial.

"Jadi jika kami diberkahi Allah SWT dan terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Ternate maka kami akan benahi kualitas guru-guru untuk yang hanya Diploma 1 atau S1 akan difasilitasi dengan memberikan kuliah lanjutan,"tandas Asghar.

Penulis: Qra

Baca Juga