Sekilas Info

KPU

Pemilih Perempuan Lebih Banyak, Ini Jumlah DPT Kota Ternate

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT yang diadakan oleh KPUD Kota Ternate, di Ballroom Waterboom Ternate Kamis 15 Oktober 2020. (foto: Qra/Hpost)

TERNATE, Hpost - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate.

Tercatat, 60.056 pemilih perempuan dan 57.064 pemilih laki-laki, untuk DPT Kota Ternate tahun 2020.

Jumlah tersebut ditetapkan, melalui rapat pleno tebuka rekapitulasi dan penetapan DPT, di Ballroom Waterboom Ternate, Kamis 15 Oktober 2020.

"Jadi total DPT Kota Ternate sebanyak 117,120 pemilih. 60,056 untuk pemilih perempuan dan 57,064 untuk pemilih laki-laki,. yang tersebar di 78 kelurahan, "papar Ketua KPU Kota Ternate, Zen M. Karim.

Sementara, Ketua Divisi Program dan Data KPU Ternate, Jainudin Ali Sabia menambahkan, sesuai Peraturan KPU (P-KPU) RI, bahwa Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas), wajib menyediakan TPS khusus.

"TPS khusus ini berada di areal bagian dalam, sehingga KPU menambahkan satu TPS dengan nama TPS 422, "jelasnya.

Bagi pemilih yang terlewat, sambung Jainudin, saat dilakukan pendataan DPT beberapa waktu lalu, diperbolehkan menggunakan KTP saat pencoblosan.

"Dikatakan itu pemilih KTP. Ketika dihari pencoblosan bisa membawah KTP untuk menunjukan, dan itu lakukan pada jam 12 siang, karena Surat Suara (SS) yang di cetak lebihkan sebanyak 2 persen dari jumlah DPT, "tandasnya.

Penulis: Qra
Editor: Red

Baca Juga