Sekilas Info

Covid-19

Warning! Lima Petugas Kesehatan Puskesmas Kalumata Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy. (foto: istimewa)

TERNATE, Hpost - Sebanyak lima pegawai di Puskesmas Kalumata Kota Ternate, terkonfirmasi positif covid-19.

Sebelumnya, Jumat 16 Oktober 2020 kemarin, Dinas Kesehatan Kota Ternate dan Satgas covid-19 Kota Ternate, melakukan Rapid Test dan Swab Test kepada seluruh pegawai, yang bertugas di Puskesmas Kalumata.

Meski demikian, sampai saat ini, Dinas Kesehatan belum berencana menutup sementara operasional Luskesmas tersebut.

"Di Puskesmas Kalumata sudah lima orang yang positif. Kami memang sudah curiga sejak awal, makanya langsung lakukan rapid dan swab test, karena ada gejala, " ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy saat dihubungi cermat, Sabtu 17 Oktober 2020.

Sama seperti pasien lainnya, lanjut Nurbaity, lima pegawai Luskesmas ini juga diwajibkan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, di rumah masing-masing.

Merespon situasi tersebut, Nurbaity lantas menyurati semua Puskesmas yang ada di Kota Ternate, untuk melakukan Rapid dan Swab test terhadap pegawainya.

Akan tetapi, ia mengaku belum akan menutup sementara operasional Puskesmas Kalumata. Sebab menurutnya, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tak bisa diabaikan.

"Jadi, yang tidak reaktif dan tidak positif, mereka tetap bekerja," katanya.

Ketika ditanya apakah keputusan itu tak justru membahayakan, Nurbaity menilai, semua orang berada di posisi berbahaya, bukan hanya tenaga kesehatan.

Oleh karena itu, ia mewanti-wanti setiap tenaga kesehatan agar selalu menerapkan protokol kesehatan, tiap kali memeriksa pasien.

Sampai saat ini, jumlah akumulasi pasien positif covid-19 di Kota Ternate mencapai 862 pasien.

"Dari jumlah itu, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 758 pasien. Sedangkan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya sebanyak 26 orang, sisanya menjalani perawatan di rumah sakit, "paparnya mengakhiri.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga