Pemkot Ternate dan Karamat Jadwal Penjemputan Baabullah Pahlawan Nasional

Kabag Humas Pemkot Ternate

Ternate, Hpost - Selasa 10 November 2020, bakal menjadi hari bersejarah bagi Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). Bagaimana tidak, Presiden RI Joko Widodo menganugerahkan Sultan Baabullah Datu Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Setelah penganugerahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate bersama dengan warga akan melakukan penjemputan gelar pahlawan, yang dijadwalkan dilakukan pada Sabtu akhir pekan ini.

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate M. Saiful Arsyad mengatakan, setelah pengunegarahan, Pemkot akan melakukan penjemputan. Dimana sesuai dengan jadwal sebelumnya, penjemputan direncanakan akhir pekan ini.

"Akan ada penjemputan di Ternate, yang rencana awalnya penjemputan dilakukan pada Sabtu pekan ini, bahkan dari Dinas Sosial Kota Ternate juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kesultanan Ternate terkait dengan jadwal penjemputan," katanya Senin 9 Oktober 2020.

Menurut Saiful, penjemputan akan melibatkan warga namun tetap menggunakan protokol kesehatan. Dan nantinya akan dilanjutkan dengan syukuran, yang berpusat di Kesultanan Ternate.

Sementara dalam penerimaan gelar Pahlawan Nasional kata dia, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama Hidayat Mudaffar Sjah selaku tokoh adat dan anak dari Sultan Ternate Alm. Mudaffar Syah.

"Besok (hari ini-red) penganugerahan Pahlawan Nasional akan diberikan langsung oleh Presiden RI Jokowi. Atas nama Pemkot Ternate, kami ucapkan terima kasih buat seluruh masyarakat yang telah mendukung hingga gelar pahlawan nasional ini diterima Sultan Baabullah Datu Syah.

Dan menjadi spirit perjuangan Sultan Baabullah dalam mengusir penjajah akan menjadi spirit bagi pemerintah dalam pembangunan ke depan," terangnya.

Ucapan terimakasih juga diberikan Pemkot Ternate, kepada LSM Keramat dan seluruh jajaran pengurus yang sudah memprakarsai, pengusulan Sultan Baabullah Datu Syah sebagai Pahlawan Nasional.

"Sekali lagi, atas nama Pemerintah Kota kami ucapkan terima kasih kepada LSM Keramat dan jajarannya," pungkasnya.

Sementara itu, Presidum Madopolo, Keluarga Malamo Tarnate (Karamat), M Ronny Saleh, mengatakan, pihaknya bersama perangkat adat kesultanan Ternate menyiapkan penjemputan dengan arak-arakan berjalan kaki dari Bandara Baabullah hingga ke Keraton Kesultanan Ternate.

"Jadi semua akan jalan kaki. Kami juga minta kepada warga Ternate khususnya dan Maluku Utara umumnya yang berada di Ternate untuk menjadi pagar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sepanjang arak-arakan berlangsung," katanya.

Penulis:

Baca Juga