Pilwako Ternate

Program dan Visi-Misi TULUS, Selaras Dengan Permasalahan di Kota Ternate

Calon wali kota Ternate M. Tauhid Soleman saat menemui warga Salero || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Sama halnya Paslon lain yang mencanangkan, sejumlah program untuk Kota Ternate kedepan. Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman (TULUS), merencanakan salah sau program yaitu pemerataan pembangunan infrastruktur di Kota Ternate.

Bagaimana tidak, Paslon nomor urut 2 itu melihat pembangunan fisik Kota Ternate belum terdistribusi dengan baik, terutama di daerah Kecamatan Batang Dua, Moti dan Hiri.

Maka, pemerataan pembangunan menjadi salah satu poin program prioritas, yang terpapar di dalam visi dan misi "Ternate Mandiri dan Berkeadilan" atau disebut sebagai "Ternate Andalan".

"Dari sisi pembangunan infrastruktur di Batang Dua, Moti dan Hiri sangat lambat, karena itu kami akan memprioritaskan pembangunan disana ini," kata Tauhid saat berkampanye di Kelurahan Marikurubu, Senin 9 November 2020.

Menurut Eks Sekkot Ternate itu, wajar masyarakat Batang Dua, Moti dan Hiri menuntut keadilan. Kerena faktanya, pembangunan infarastruktur di tiga kecamatan itu belum tersentuh secara merata.

Calon Wakil Wali Kota Ternate nomor urut 02 Jasri Usman saat menyampaikan orasi politiknya di Daerah Pemilihan III Ternate Selatan, Kota Ternate || Foto: Istimewa

"Mereka juga warga Kota Ternate, mereka juga membayar pajak, sehingga pembangunan harus merata. Ini sudah menjadi komitmen kami untuk mendorong pemerataan pembagunan disana," janjinya.

Selain pembangunan infrastruktur, TULUS juga akan memperkuat kualitas sumberdaya manusia guna memiliki daya saing dengan sumberdaya manusia di kawasan Kota.

"Kami tetap meminimalisir ketimpangan pembangunan dan SDM di Kota Ternate, sehingga kue pembangunan maupun sumberdaya manusia mampu dirasakan secara maksimal, oleh masyarakat di Batang Dua, Hiri dan Moti," tuturnya.

Ada pun kebutuhan dasar lainnya, berupa pendistribusian air bersih yang mana, masih ada warga Kota Ternate yang masih sulit mendapatlannya.

"Kalau berjalan dengan baik, kami akan membuat lompatan teknologi yang ramah lingkungan yang lebih baik. Karena jika masalah air ini tidak diperhatikan secara serius, maka 5 tahun hingga 10 tahun ke depan, masalah air bersih akan terulang dan tidak ada solusinya." imbuhnya.

Tauhid bilang, sumber kualitas air bersih di Kota Ternate berada di bawah permukaan, karena kualitas air di atas permukaan tidak terlau baik. Yang mana, butuh keseriusan untuk menghadirkan teknologi yang baik.

Berbagai program unggulan yang disiapkan TULUS di Pilkada tahun ini, sesuai dengan langkah identifikasi masalah yang ada di Kota Ternate.

"Kami sudah identifikasi dan mengkaji masalah secara matang, sehingga program-program yang kami siapkan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kami tidak menawarkan janji, tapi kami siapkan program untuk Ternate mandiri dan berkeadilan," pungkasnya.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga