Sekilas Info

Sepak Bola

Besok, TPL Musim 2020-2021 Dihelat

Manager Metting TPL Ternate Premier League di aula kantor Walikota Ternate. (foto: Istimewa)

Ternate, Hpost - Jika tak ada aral melintang, Ternate Premier League (TPL) Maluku Utara (Malut) bakal kick off pada 14 November 2020, dengan Stadion Gelora Kie Raha sebagai venue dibukanya pertandingan.

Sejauh ini, Panitia Pelaksana (Panpel) sudah mempersiapkan segala sesuatu, guna mensukseskan dan memeriahkan perhelatan sepakbola yang dinaungi Asosiasi Kota (Askot) PSSI Ternate itu.

Menurut Ketua Askot PSSI Ternate Muhdin Taha, jika dipresentasikan, persiapan untuk segala sesuatu seperti perangkat pertandingan hingga administrasi bagi pemain, telah mencapai 70 persen.

Logo TPL

"Segala sesuatu sudah hampir rampung. Tersisa beberapa agenda seperti pendaftaran klub/tim dan rapat penetapan laga awal TPL," katanya saat dihubungi via ponsel beberapa waktu lalu.

Meski kali pertama, namun TPL musim 2020-2021 sangat direspon positif dari semua kalangan. Dukungan serta sponsor mengalir, dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan KONI Kota Ternate.

"Saya senang melihat semua respon positif itu. Meski tidak memungkiri, TPL sedikit mengalami perubahan jadwal karena pandemi di tahun ini. Dan harapan saya, agenda olahraga ini bisa berkelanjutan.

Selain menggairahkan olahraga khususnya sepakbola di Ternate, kehadiran TPL juga untuk pembinaan atlet sepakbola usia dini dan mencanangkan Ternate sebagai Kota sepakbola," harap Muhdin, yang juga eks penggawa Persiter Ternate itu.

Lebih lanjut, sistem dan aturan yang diberlakukan pada TPL musim 2020-2021 antara lain. Pertama, slot dibuka bagi 20 tim atau klub Anggota Askot PSSI Ternate.

Kedua, aturan pertandingan menggunakan sistem semi kompetisi, yakni terdapat putaran semi final dan final.

Ketiga, pemain yang mengikuti TPL wajib terdaftar dalam tim atau klub Anggota Askot PSSI Ternate.

Keempat, usia pemain minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun. Dengan bisa mengikutsertakan 3 pemain senior dalam satu tim atau klub.

Kelima, pertandingan dijadwalkan pada akhir pekan yakni Jumat, Sabtu dan Minggu.

Keenam, venue TPL musim 2020-2021 akan mempergunakan Stadion Gelora Kie Raha, dan salah satu Stadion di Kelurahan Gambesi.

"Siapa pun (pemain-red) bisa ikut, asalkan ikuti syarat dan aturan tadi. Pemain dengan label nasional juga bisa ambil bagian seperti Ilham Udin dan lainnya. Asalkan, mengantongi izin dari tim atau klub dia bernaung," papanya.

Sembari menambahkan, protokol kesehatan wajib dilakukan setiap pertandingan. Dan pada seremoni pembukaan TPL musim 2020-2021, akan dihadirkan konser musik, parade tim atau klub dan tarian soya-soya.

Penulis: Awi
Editor: Red

Baca Juga