Pilkada Haltim

Jika Dipercaya, Monas Bakal Fokus Pembangunan Sebelah Utara Haltim di Tahun Pertama

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Haltim Nomor Urut 3 || Istimewa

Maba, Hpost - Selama ini, lembangunan infrastruktur di bagian utara Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) cukup memprihatinkan. Bahkan bisa dibilang, sejak dimekarkan sebagai Kabupaten 17 tahun. Masyarakat di bagian utara belum tersentuh pembangunan infrastruktur.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Haltim nomor urut 3, Moh Abdu Naar dan Ajis Ajarat merasa prihatin ketika bekampanye di Kecamatan Maba Utara dan Wasile Utara. Pembangunan infrastruktur yang menjadi kewajiban pemerintah daerah, untuk masyarakat sangat minim sehingga bagian utara dikategorikan masih terisolasi.

"Menurut saya, di bagian utara baik di Kecamatan Maba Utara maupun Kecamatan Wasile Utara, belum merasakan pembangunan. Salah satu contoh, ketika saya turun di SP4 dan SP5. Disana, kondisi jalan masih buruk, malam lampu tidak ada, tenaga medis sudah lima tahun tidak kerja. Kondisi ini menurut saya, sangat memprihatinkan," katanya, Selasa 24 November 2020.

Selam ini, masyarakat Haltim yang tinggal di bagian utara, seperti tinggal di pulau tersendiri. Sebab, jika hendak ke Ibu Kota kabupaten maupun sebaliknya, hanya mengandalkan transportasi laut.

"Mereka yang tinggal di utara, menganggap mereka masih tinggal di pulau, karena kalau kesana maka harus lewat laut dan masih gulung kaki celana. Padahal kita masih dalam satu daratan," jelasnya miris.

Pendeta Marjo One dihadapan simpatisan Monas (Istimewa)

Jika masyarakat mempercayakan Monas memimpin Haltim, maka bagian utara bakal menjadi prioritas pembangunan infrastruktur dimasa kepemimpinan nanti. Dengan begitu, pemerataan pembangunan bisa dinikmati seluruh masyarakat tanpa pilih kasih.

"Kami akan memprioritaskan pembangunan ke sana (utara-red), supaya membuka akses mereka, terutama jalan, listrik, pelayanan kesehatan dan pendidikan, itu yang mereka butuhkan saat ini. Kami akan membuka akses di utara lebih dulu, sehingga mereka tidak lagi gulung kaki celana kalau ke utara," tegas Abdu.

Menurutnya, pembangunan di Haltim membutuhkan pemimpin yang ikhlas membangun, tidak hanya terfokus pada satu daerah tertentu. Sesuai visi dan midi Monas, maka masyarakat bagian utara akan menjadi prioritas pembangunan, sehingga jika memimpin Haltim, paling lambat tahun pertama, akses kendaraan darat sudah bisa dilalui dan dinikmati oleh masyarakat.

"Maba Utara dan Wasile Utara itu menjadi perhatian prioritas kami, Insya Allah target kami mungkin tahun pertama walaupun jalan yang belum aspal, tapi beberapa daerah yang ada gunung kami akan tembuskan, sehingga tahun pertama itu akses jalan paling tidak bisa masuk walaupun jalan belum aspal dan masih sirtu," pungkasnya.

Penulis: Red
Editor: Awi

Baca Juga