Sekilas Info

Survey

Survey LSI, MHG-GAS Diprediksi Menang dengan Selisih di Atas 10 Persen di Pilwako Ternate

Konfrensi Pers LSI Denny JA || Ist.

Ternate, Hpost - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terhadap elektabilitas calon dalam Pilkada di Kota Ternate, Maluku Utara memprediksi pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 3 Hasan Bay – Mohammad Asghar Saleh (MHB-GASS) sebagai pemenang pada pesta demokrasi Pilwako di 9 Desember 2020 mendatang, dengan selisih suara di atas 10 persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan 22-28 November 2020 dengan 440 responden ini menempatkan posisi Paslon MHB-GASS bakal menjadi pemenang pada Pilkada serentak.

MHB-GASS saat ini unggul 31,3 persen, disusul paslon nomor urut satu Merlisa Marsaoly-Juhdi Taslim (MAJU) 22,5 persen, kemudian nomor urut tiga M.Tauhid Soleman-Jasri Usman (TULUS) dengan hasil survei 20,7 persen dan paling terakhir yakni paslon nomor urut empat Yamin Tawari-Abdullah Taher (YAMIN-ADA) dengan kedudukan 13,2 persen, sedangkan yang belum menentukan sikap yakni 12,3 persen.

MHB-GAS Unggul Di Akhir Jelang Finish || LSI Denny JA.

“Jika mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 12.3 persen dibagi secara proporsional (karena di saat hari H tidak ada lagi yang belum menentukan pilihan), maka elektabilitas MHB-GAS naik menjadi sebesar 35.7 persen, MAJU sebesar 25.7 persen, TULUS sebesar 23.6 persen, dan Yamin-ADA sebesar 15 persen. Selisih antara pasangan MHB- GAS dengan kompetitor terdekat pasangan MAJU sebesar +/-10 persen,” ujar Adjie Alfaraby Direktur KCI-LSI Denny JA,  dalam keterangan persnya, di Sahid Hotel Ternate, Jumat 4 Desember 2020.

Untuk metode perhitungan, LSI melakukan survei melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 4.8 persen. Sedangakn kisaran dukungan (range) dukungan para kandidat berdasarkan hitungan plus minus margin of error (MoE) survei sebesar 4.8 persen.

Sehingga dengan begitu prediksi range dukungan pasangan MHB-GASS adalah sebesar 30.9- 40.5 persen, range dukungan pasangan MAJU sebesar 20.9-30.5 persen, range dukungan pasangan TULUS sebesar 18.8-28.4 persen, dan range dukunngan pasangan Yamin-ADA sebesar 10.2 -19.8 persen.

“Artinya dengan range dukungan tersebut, dengan data survei akhir November 2020, yang paling berpotensi menang adalah pasangan MHB-GAS kemudian di posisi kedua dan ketiga masih diperebutkan oleh pasangan MAJU dan pasangan TULUS," paparnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga