Pilwako Ternate

KPU Tetapkan TULUS Sebagai Peraih Suara Terbanyak di Pilkada Kota Ternate

Hasil Rekapitulasi Suara KPU Kota Ternate || Ist.

Ternate, Hpost - Setelah melalui rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate tahun 2020, yang panjang dan alot akan perdebatan.

Rabu (16/12), KPU Kota Ternate dengan resmi menetapkan Paslon nomor urut 2, M. Tauhid Soleman yang berpasangan dengan Jasri Usman, sebagai peraih suara terbanyak.

Penetapan tersebut, berdasarkan SK Penetapan nomor 116/PL.02.6-Kpt/8271/Kota/XII/2020. Dimana, Paslon dengan akronim TULUS itu berhasil memperoleh 28.022 suara.

Yang mengalahkan ketiga kandisat lain, yakni Paslon nomor urut 1 Merlisa Marsaoly dan Juhdi Taslim (MAJU) yang hanya meraup 19.942 suara. Paslon nomor urut 3 M. Hasan Bay dan M. Asgar Saleh (MHB-GAS) dengan meraup 26.307 suara, dan Paslon nomor 4 Yamin Tawary dan Abdullah Tahir (YAMIN-ADA) meraup 18.980 suara.

Meski telah menetapkan, namun terdapat tiga saksi dari Paslon nomor urut 1, 3 dan 4 yang menyatakan sikap menolak menandatangani berita acara.

Pasalnya, sikap tersebut dilandasi dengan alasan adanya kejadian khusus, yang terjadi dihari pencoblosan 9 Desember lalu.

Sementara, saksi Paslon TULUS tetap menerima keputusan KPU Kota Ternate, dan menandatangani berita acara.

Sekedar informasi, rapat pleno terbuka untuk hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Kota Ternate, selama dua hari yaitu tanggal 15 sampai 16 Desember 2020.

Penulis: Qra
Editor: Awi

Baca Juga