Infrastruktur

Waspada, Jalan di Kawasan Pemerintahan Halmahera Barat Penuh Lubang

Kondisi jalanan saat hujan di depan Toko Fajar Bangunan, area Pemerintahan Halmahera Barat. Foto: Haryadi/Hpost

Jailolo, Hpost – Kondisi jalan di wilayah Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, rusak parah. Tampak sekitar 6 titik lubang di badan jalan yang tersebar hingga di depan Kantor PDAM serta Kependududkan dan Pencatatan Sipil.

Fais, salah satu pengguna jalan kepada Halmaherapost.com, Kamis 4 Februari 2021 menyatakan kerusakan jalan di depan Toko Fajar Bangunan dan depan SMP Negeri 2 Halmahera Barat (Halbar) sudah cukup lama.

Jalan berlubang di depan gerbang masuk Kantor Bupati Halmahera Barat. Foto: Haryadi/Hpost

Menurut dia, kondisi jalan seperti itu harus menjadi perhatian pemerintah. "Karena yang saya amati sejauh ini, sejumlah pengendara yang melewati jalur tersebut hampir terjatuh. Ini sangat berbahaya. Apalagi melintas di malam hari yang kurang ada penerangan,” tuturnya.

Baca juga:

Multiyears Jalan Goin-Kedi di Halmahera Barat Tidak Tuntas, Perlu Ditelusuri

Pengerjaan Jalan Goin-Kedi Loloda Terpantau Bermasalah

Hal senada diakui anggota Komisi III DPRD Halbar, Asdian Taluke. Menurut dia, kerusakan jalan di depan SMP Negeri 2 Halbar dan Toko Fajar Bangunan sudah dibiarkan bertahun-tahun.

"Ini butuh perhatian pemerintah daerah, terutama dinas terkait. Sebab kalau misalnya bupati kita ini hanya keluar daerah, maka persoalan di daerah akan tersendat," ujarnya.

Jalan berlubang di depan Toko Fajar Bangunan, kawasan Pemerintahan Halmahera Barat. || Foto: Haryadi/Hpost

"Jadi sebelum ada korban jiwa, pemerintah daerah melalui PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) segera memperbaiki jalan yang rusak itu," cetus Politisi Partai Gerindra ini.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PUPR Halbar, Muhammad Yusuf, mengaku sudah mengusulkan anggaran di tahun ini. "Tapi kami prioritaskan jembatan di depan SMPN 2 Halbar dulu. Setelah itu baru jalan," ujarnya.

Penulis: Haryadi Ahmad
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga