Pers Mahasiswa

LPM Mantra Asah Literasi Mahasiswa Lewat Pelatihan Menulis

Rizal Syam, jurnalis cermat partner kumparan dan esais, berbagi pengalaman serta pengetahuan menulis dengan LPMMantra di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate, setahun lalu. || Foto: Rajif Duchlun/JMG

Ternate, Hpost – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Mantra menggelar pelatihan menulis dan jurnalistik untuk calon anggotanya. Dalam kesempatan itu, terdapat 10 orang yang hadir sebagai peserta.

Kegiatan yang terhitung ketiga kali sejak lembaga pers di Fakultan Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate berdiri pada 2017 silam itu, berlangsung selama dua hari di Rumah Baca NBCL, Sasa, Ternate Selatan.

Ketua LPM Mantra, Rian Husni mengatakan, kegiatan ini terhitung yang ketiga kalinya sejak lembaga pers di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate itu berdiri pada 2017 silam.

Minimnya dinamika literasi mahasiswa di kampus, kata Rian, menjadi perhatian utama LPM Mantra. Sebab kemampuan literasi, mau tak mau, selalu menjadi sebuah keharusan bagi mahasiswa, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan dunia akademiknya.

"Karena alasan itulah kami berupaya terus belajar dan menumbuhkan gairah literasi lewat media-media pelatihan berupa workshop menulis yang dilaksanakan untuk mahasiswa," katanya, Sabtu 6 Februari 2021.

Pada pelatihan tersebut, para anggota berkesempatan mempelajari pelbagai hal dalam dunia tulis-menulis. Mulai dari pelatihan jurnalistik yang dibawakan oleh Pemimpin Redaksi Cermat Faris Bobero, pelatihan penulisan cerita pendek oleh cerpenis Rajif Duchlun, hingga pengenalan dunia fotografi jurnalistik oleh Gustam Jambu.

Sejak 2017 Mantra konsisten melaksanakan penerimaan anggota baru. Hingga kini, total anggota di lembaga tersebut sebanyak 27 orang yang konsisten menelurkan karya tulisnya di laman lpmmantra.com.

"Kami berharap agar proses pelatihan, program kajian, dan pembelajaran yang sudah dilaksanakan dapat memperkaya khazanah literasi mahasiswa. Serta dapat membina daya menulis mahasiswa," tandas Rian.

Penulis: Rizal Syam
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga