Vaksin Sinovac

Nakes Puskesmas di Halmahera Tengah Mulai Divaksinasi

Tahapan vaksinasi pada salah satu Puskesmas di Halmahera Tengah, Maluku Utara. Foto: Risno Hamisi/Hpost

Weda, Hpost - Tenaga Kesehatan (nakes) di tiga Puskesmas di Halmahera Tengah, Maluku Utara, Selasa 9 Februari 2020, sudah mulai divaksin.

Rencana vaksinasi serentak di seluruh Puskesmas itu, kini sudah ada tiga yang lebih awal melakukannya, yakni Puskesmas Banemo, Puskesmas Damuli, dan Puskesmas Tepeleo.

Pelaksana tugas Dinas Kesehatan Halmahera Tengah, Lutfi Djafar, mengatakan, jadwalnya mengacu pada petunjuk pelaksanaan vaksinasi yang dimulai pada Februari ini.

"Jadi seluruh tenaga kesehatan yang menyuntikan vaksin sudah harus divaksin," kata Lutfi.

Melihat jadwal pelaksanaan tersebut, maka Puskesmas dianjurkan mulai melakukan vaksinasi dari hari ini. Vaksinasi tahap kedua bisa dimulai pada 24 sampai 25 Februari.

"Sehingga sebelum Februari berakhir semua tenaga kesehatan di unit pelayanan sudah divaksin" jelasnya.

Menurut Lutfi, setiap orang harus dua kali divaksin dengan rentang waktu 2 minggu dari vaksinasi tahap pertama.

"Informasi sementara yang saya terima ada 3 Puskesmas yakni PKM Banemo, PKM Tepeleo dan PKM Damuli. Yang lain menyusul Selasa 10 Februari," cetusnya.

Sekadar diketahui, vaksinasi pertama sebanyak 580 orang. Di dalamnya tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di 13 titik fasilitas kesehatan (faskes). 13 titik ini terbagi dari 11 Puskesmas, 1 rumah sakit, dan 1 Klinik di PT. IWIP.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga