Birokrasi

Gubernur Maluku Utara Diminta Ganti Kepala DLH

Anggota DPRD Maluku Utara, Sahril Tahir. || Foto: Yamin/Hpost

Ternate, Hpost – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara, Sahril Tahir, mendesak kepada Gubernur Abdul Gani Kasuba agar mengganti Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fachruddin Tukuboya.

Sahril bilang, Fachruddin sudah tiga kali tidak hadir dalam rapat gabungan Komisi II dan Komisi III pada Senin, 15 Februari 2021. “Bayangkan dia (Fachruddin) selaku Kepala DLH Maluku Utara tidak hadir sebanyak tiga kali rapat penting yang diagendakan DPRD,” ucap Sahril.

Rapat ini, menurut dia, berkaitan dengan hal-hal kepentingan rakyat. “Tapi sudah tiga kali tidak hadir, sehingga sudah layak diganti. Buat apa pertahankan,” sambungnya.

Sekadar diketahui, rapat gabungan komisi ini terkait izin pembuangan limbah ke laut oleh PT Trimegah Bangun Persada, yang kini sudah mendapat rekomendasi izin prinsip dari Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Maluku Utara tentang izin penggunaan lokasi laut.

Terkait izin pembuangan limbah ke laut, kata Sahril, pihaknya akan memastikan apakah izin yang dikeluarkan oleh DPTSP itu bertentangan dengan Undang-Undang atau tidak.

Sementara, Kepala DLH Maluku Utara, Fachruddin Tukuboya, saat dikonfirmasi mengatakan, ketidakhadirannya pada rapat sebelumnya sudah diwakilkan.

“Yang hari ini juga sedianya sudah diwakilkan ke kabid, cuma kabid juga mungkin berhalangan sehingga tidak bisa hadir,” ungkap Fachruddin.

“Saya sudah komunikasi dengan Pak Sahril juga, situasi sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu ke staf Komisi III, cuma mungkin yang bersangkutan juga lupa menyampaikan ke pimpinan DPRD atau komisi,” pungkasnya.

Penulis: Yamin
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga