Birokrasi

Pemkot Ternate Diminta Prioritaskan Kebutuhan ASN

etua DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, Muhajirin Bailussy. || Foto: Yunita Kadir/Hpost

Ternate, Hpost – Ketua DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, Muhajirin Bailussy, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menunda sementara pembayaran multiyears. Sebab saat ini kondisi keuangan daerah tidak stabil.

Ia menilai, sejauh ini Pemkot Ternate seakan lebih memperioritaskan pembayaran multiyears ketimbang kebutuhan ASN, yaitu Tambahan Penghasilan Pegawai yang sampai saat ini belum terbayarkan.

Termasuk utang pihak ketiga di luar multiyears kurang lebih sebesar Rp 100 miliar. “Itu juga merupakan utang sejak tahun 2020 yang terbawa hingga 2021,” tuturnya, Kamis 25 Februari 2021.

Sementara, saat ini pemerintah pusat meminta seluruh pemerintah daerah untuk melakukan refocusing anggaran hingga 8 persen untuk penanganan COVID-19. "Kalau dihitung, jumlahnya cukup besar," ungkapnya.

Kembali Muhajirin mengingatkan, bahwa DPT Kota Ternate tidak main-main untuk mengawal persoalan ini. “Kami minta prioritaskan hal-hal yang dianggap penting, sedangkan untuk multiyears nanti di bulan April atau Mei," tandasnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga