Keuangan

Pj Wali Kota Ternate Nilai Sejumlah OPD Tak Becus Kelola Keuangan

Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang.

Ternate, Hpost - Penjabat (Pj) Wali Kota Ternate, Hasyim Daeng Barang, tampak marah saat menyampaikan sambutannya pada Musrembang Kota Ternate yang berlangsung di Royal Resto, Kelurahan Kalumpang, Selasa, 29 Maret 2021.

“Pengelolaan keuangan pada OPD tidak beres, sehingga musrembang pun diwarnai dengan pengancaman sejumlah OPD yang bakal diaudit,” ucap Hasym.

Ia mengaku, sudah mengunjungi ke beberapa OPD, dan ada tertulis informasi kalau aliran listrik terputus. Hal itu kemudian membuat ia memanggil sejumlah OPD karena diakuinya kejadian tersebut sangat miris.

"Beberapa OPD yang aliran listriknya terputus, yakni Lab Kesda, Kantor lurah Santiong, itu kaca dilempar, Dinas Sosial, lampu juga dicabut diputuskan, kemudian ke BPBD putus lagi, saya bilang ini pemerintah pe (punya) wibawa dimana? Masa pengelolaan keuangan tidak sebaik ini," kesalnya.

Menurut dia, wibawa pemerintah tidak boleh seperti itu, karena jika listrik ada tunggakan 1 atau 2 bulan kemudian semua dirusakki ini justru sangat memalukan.

“Kecuali ini perusahaan yang tara (tidak) ada doi (uang) yah selesai bangkrut, tapi ini kan pemerintah. Nah seperti itu malu sebenarnya," tukasnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan sudah menghubungi kepala keuangan melalui sambungan telepon, dan mengaku pembayaran rutin bulanan telah dibayar.

"Sampe anggaran so (sudah) turun di kepala SKPD kong tara bayar ini ada penyimpangan, besok saya bikin surat BPK audit tertentu setiap OPD, bagitu supaya tong bisa ukur tong pendapatan, yang bocor di mana, retribusi bocor di mana," tegasnya.

Ia menambahkan, soal tunggakan listrik, pihaknya sudah meminta kepala PLN Kota Ternate agar mendata SKPD yang memilliki tunggakan pembayaran listrik.

"Kalau saya lia (lihat) ada tunggakan saya meminta ke BPK untuk audit, karena ini pasti ada masalah," tutupnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Rajif Duchlun

Baca Juga