BPK

Ternate Raih WTP, Wali Kota Berterima Kasih kepada Burhan dan Tindaklanjuti Temuan

Pemkot Ternate saat menerima WTP tahun 2020. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Pemerintah Kota Ternate, pada Jumat 21 Mei 2020, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2020 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Temuan dan kelemahan dari rekomendasi Opini yang diperoleh dalam kinerja masa jabatan mantan Wali Kota Burhan Abdurahman akan ditindaklanjuti.

"Kami menyadari meskipun laporan keuangan Pemkot 2020 memperoleh opini WTP, namun dari hasil pemeriksaan BPK masih ditemukan beberapa kelemahan, baik ketidakpatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku maupun kelemahan sistem intern. Kelemahan dan kekurangan yang ditemukan ini akan diperbaiki dan ditindaklanjuti," ungkap Tauhid.

Pemkot Ternate sendiri sejak tahun 2015 sudah menerima LKPD 2014.

Tauhid bilang, Pemkot telah menyusun rencana aksi dalam implementasi dan meminta bimbingan BPK, sehingga untuk menindaklanjuti temuan BPK dapat selesai tepat waktu.

"Kami berupaya mencari solusi terbaik dan efektif agar rekomendasi hasil pemeriksaan yang berkaitan temuan kerugian keuangan negara atau daerah agar segera ditindaklanjuti," ungkapnya.

Meski begitu, Tauhid mengaku, Pemkot juga membutuhkan pendampingan dari BPK, karena adanya perubahan sistem pengelolaan keuangan dapat menimbulkan resiko dalam penyajian laporan keuangan tahun berikutnya.

“Pemkot juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, karena ini merupakan hasil kerja beliau,” pungkasnya

Tauhid mengatakan, laporan keuangan merupakan salah satu bentuk akuntabilitas atau pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pelaksanaan APBD, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang.

"BPK telah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan Pemkot tahun anggaran 2020 yang diawali dengan pemeriksaan intern dan dilanjutkan dengan pemeriksaan substantif," katanya.

Baca Juga