Lingkungan

Pentingnya Menjaga Daerah Resapan Air Tanah di Ternate

ILUSTRASI Resapan air tanah. || Foto: Pojoksatu.com

Ternate, Hpost – Perolehan air pada daerah hulu sebagai sumber resapan air, yang tersebar dari daerah tengah sampai ke hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) perlu dipertahankan.

Hal ini disampaikan oleh Akademisi Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate, Much. Hidayah Marasabessy, Minggu 23 Mei 2021, menanggapi persoalan penggunaan air tanah atau sumur bor di Ternate.

Hidayah bilang, dengan kondisi DAS yang kecil sebagaimana karateristik ruang chatment (tangkapan air) dan recharge (resapan air), yang terbatas, sehingga beberapa kawasan perlu dilindungi. Seperti kawasan hutan dan pada hutan campuran.

Ia bilang, ada hutan agroforestry di daerah pengunungan dan perbukitan yang harus dipertahankan sebagai spons penyerap air hujan saat presipitasi (hujan jatuh) berlangsung.

“Sehingga dapat didistribusikan secara kontinyu, baik perhari, pekan dan bulan, menuju daerah terendah," ujarnya.

Ia pun menyarankan agar pembangunan pada daerah hulu dan hilir menjadi perhatian Pemerintah Kota Ternate. Sebab itu memicu potensi kesediaan air ke depan.

"Seperti pembangunan di daerah pegunungan pulau, juga eksploitasi material seperti galian C. Terutama rekayasa garis pantai atau reklamasi, itu harus dihentikan," tutupnya.

Baca Juga