Perlombaan

Pemkab Halmahera Tengah Lepas 17 Kafilah STQ Tingkat Provinsi

Pelepasan kafilah asal Halmahera Tengah untuk mengikuti Seleksi Tilawah Quran dan Hadits (STQH) ke XXVI tingkat Provinsi Maluku Utara di Kota Ternate. || Foto: Istimewa

Weda, Hpost – Pemerintah Halmahera Tengah, Rabu 2 Juni 2021, resmi menggelar pelepasan kafilah Seleksi Tilawah Quran dan Hadits (STQH) ke XXVI tingkat Provinsi Maluku Utara di Kota Ternate.

Pelepasan dilakukan oleh Staf Ahli Pemda Halteng, Sofyan Abdul Gafur, yang dipusatkan di ruang rapat Bupati.

Dalam sambutannya, Sofyan mengatakan, ketua rombongan, para pelatih dan peserta harus saling dorong dan menyemangati, sehingga terjalin hubungan yang harmonis.

“Tentu dilandasi dengan pengertian, mengedepankan pola asah, asih dan asuh, sehingga tercipta kekompakan dalam semangat kebersamaan dengan satu tujuan, yaitu berjuang untuk tampil maksimal meraih prestasi terbaik,” ujar Sofyan.

Disamping itu, lanjut dia, tetap meningkatkan interaksi dengan Alquran dan Hadits dan mensyiarkan Alquran melalui tafsir dan terjemahan.

Pelepasan kafilah asal Halmahera Tengah untuk mengikuti Seleksi Tilawah Quran dan Hadits (STQH) ke XXVI tingkat Provinsi Maluku Utara di Kota Ternate. || Foto: Istimewa

"Jagalah nama baik Negeri Fagogoru. Segala percakapan dan pergaulan kita disesuaikan dengan akhlaq Alquran dan Hadits, baik secara individu maupun kelompok dan saling membina kebersamaan," pungkasnya.

Sofyan juga mengingatkan kepada para peserta untuk selalu menjaga stamina dan kondisi kesehatan, agar bisa tampil prima.

"Untuk itu, kepada seluruh kafilah, tunjukkanlah kemampuan terbaik kalian. Saya yakin kalian telah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi perlombaan ini, demi mengharumkan nama baik Kabupaten Halmahera Tengah," ujarnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemda Halteng, Yusuf Hasan mengatakan, jumlah peserta yang akan mengikuti lomba STQ tingkat provinsi ini sebanyak 17 orang. Sedangkan official 8 orang.

Yusuf bilang, untuk mata lomba yang akan diikutkan yakni tilawah golongan anak-anak putra/putri, tilawah golongan dewasa putra/putri.

Kemudian hifdzil Quran 1 juz dan tilawah putra/putri 5 juz dan tilawah putra/putri hifdzil Quran 10 juz putra/putri, hifdzil Quran 20 putra/putri, serta hifdzil 30 juz putra. "Cabang hifdzil hadits golongan 100 dan 500 hadits putra/putri," jelasnya.

Penulis:

Baca Juga