Parlementaria

Sofyan Daud Reses Tematik Bersama Komunitas Kreatif di Ternate

Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara melakukan reses bersama komunitas sepeda motor di kawasan wisata Pantai Sulamadaha, Ternate. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Pekan ini, anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, M. Sofyan Daud, mengadakan reses untuk menyerap aspirasi dari komunitas kreatif.

Selasa 1 Juni 2021, bertempat di Kiram Cafe, Desa Akediri, Jailolo, Halmahera Barat, Sofyan Daud mengadakan reses bersama sejumlah pentolan komunitas kreatif di Jailolo, Halbar. Di antaranya, komunitas literasi, musik, sastra, seni budaya, dan penggiat ekonomi kreatif lainnya.

Minggu 6 Juni 2021, Sofyan Daud mengadakan reses bersama komunitas motor se-Kota Ternate, bertempat  di Lokasi Wisata Pantai Sulamadaha.

Abang Sof – sapaan akrab – Sofyan Daud menjelaskan, ini titik reses ke-9 dari yang seharusnya hanya 8 titik.

"Saya tambahkan 1 titik reses untuk mengakses aspirasi dari komunitas motor. Anggaplah ini bonus untuk kaum muda kreatif,” tuturnya.

Bagi Bang Sof, komunitas merupakan entitas strategis dan potensial bagi pembangunan daerah. Sayangnya, akses mereka minim dalam proses perumusan kebijakan.

Pembinaan dan pelibatan mereka secara kemitraan, pun masih kurang mendapat perhatian dari penentu kebijakan.

Padahal ada potensi strategis setiap komunitas. Seperti solidaritas, gagasan, kreativitas, keswadayaan dan dedikasi.

“Itu semua baik sekali bagi upaya mendorong citizenship sekaligus penguatan civil society,” tuturnya.

Menurut dia, pembinaan komunitas kreatif melalui program kemitraan, akan  berdampak baik pada penguatan good governace. “Terutama memupuk sinergi kekuatan phentaheliks di daerah," ujarnya.

Forum reses yang berlangsung intens, dialogis dan kualitatif itu, mengangkat kondisi obyektif komunitas, peran, dan pentingnya ekosistem komunitas.

Selain itu, beberapa isu pembangunan seperti pariwisata dan ekonomi kreatif, pelestarian budaya dan kearifan, isu lingkungan, khususnya persampahan, tertib lalulintas khususnya kebiasaan parkir, juga ikut diperbincangkan.

Sementara, aspirasi komunitas motor yang dikemukakan berfokus pada pembinaan komunitas, kebutuhan sekertariat sebagai pusat interaksi, serta dukungan atas kegiatan komunitas.

Sekadar diketuhui, terdapat 38 club motor di Kota Ternate yang terwadahi dalam Forum Bikers Ternate dan Ikatan Motor Honda Maluku Utara.

Setiap kali reses, Abang Sof selalu memberi jadwal khusus dengan komunitas, yang disebutnya sebagai Reses Tematik. Tujuannya untuk menjaring aspirasi, potensi dan masalah spesifik dari masing-masing komunitas.

"Banyak komunitas kreatif di Maluku Utara, khususnya di Ternate dan Halmahera Barat yang menjadi Dapil saya, antara lain komunitas literasi, musik, seni budaya, fotografi dan videogarafi, pecinta alam, pecinta motor dan otomotif, komunitas penggiat ekonomi kreatif, hingga komunitas yang menekuni minat atau hobi tertentu,” paparnya.

Sofyan bilang, selain jumlah yang banyak, minat dan orientasinya beragam. “Ini khasanah luar biasa dalam lanskap sosial kita, sehingga perlu diberi ruang yang kondusif," pungkas Sofyan.

Penulis: Red
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga