Bencana Alam

Satu Unit Rumah Warga di Rua, Ternate, Terancam Ambruk

Halaman belakang rumah warga di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Maluku Utara, terancam ambruk disebabkan longsor saat hujan deras. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Satu unit rumah warga di RT 07/RW 04 Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, nyaris ambruk pada Minggu 13 Juni 2021 sekira pukul 05.00 WIT.

Kejadian itu disebabkan hujan deras dengan durasi cukup lama, sehingga halaman belakang rumah setinggi 8 meter yang terletak di pesisir pantai, nyaris longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, M. Arif Abdul Gani, menjelaskan, dari peristiwa itu hanya WC yang alami kerusakan.

Halaman belakang rumah warga di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, terancam ambruk disebabkan longsor saat hujan deras. || Foto: Istimewa

Arif bilang, ada sekitar 12 unit rumah warga yang terancam longsor, karena posisinya berada pada tebing.

“Kami sudah meninjau langsung ke lokasi longsor dan akan segera menindaklanjutinya,” kata Arif kepada halmaherapost.com.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Ternate, khususnya pada kelurahan yang rawan longsor, agar lebih waspada lagi.

"Kita harus ikhtiar, karena kita masuk dalam musim penghujan, yang sewaktu-waktu bisa terjadi hujan deras, sehingga yang ditakutkan abrasi pantai," ujarnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga