Bandara

Bandara PT IWIP Bakal Layani Penerbangan Domestik

Kedatangan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama rombongan di Bandara PT. IWIP. || Foto: Istimewa

Weda, Hpost - Bandar udara Cekel milik PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Desa Lelilef, Kecamatan Weda Utara, Halmahera Tengah bakal melayani penerbangan umum-domestik.

Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara kepada Halmaherapost.com, Selasa 29 Juni 2021, mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan dan PT IWIP telah menggelar rapat melalui Video Conference (Vicon) yang membahas rencana pemanfaatan Bandara Cekel milik PT IWIP untuk melayani penerbangan umum.

"Kami lakukan ini demi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Edi bilang, dalam waktu dekat tim dari Dirjen Perhubungan Udara, Pemda, dan PT IWIP akan melakukan kajian atau yang dikenal dengan Visibility Study yang kemudian menyiapkan administrasi.

Selain itu, melakukan pembicaraan terkait dengan pemanfataan beberapa perusahan penerbangan diantaranya Citylink dan Wings Air.

"Keinginan saya, rute penerbangannya itu Lelilef-Ternate, Lelilef -Manado, Lelilef-Gebe, dan Lelilef- Sorong," ungkapnya.

Menurut Bupati, rencana tersebut juga merupakan hasil dari kunjungan beberapa Menteri kemarin di PT IWIP.

Pada saat itu terjadi pertemuan dan pembicaraan antara Pemda, Menko Marves, Menteri Perhubungan.
Kemudian ini ditindaklanjuti oleh pihak Kementerian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perhubungan Udara.

Edi Langkara yang juga Politisi Partai Golkar ini berharap agar proses ini segera dipercepat.

"Kita berharap ke pihak PT IWIP untuk mau menerima dan membuka diri. Pemda juga memahami mana yang menjadi ruang perusahan dan mana ruang pemda. Ini dalam rangka melayani kepentingan masyarakat," harapnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga