Plaza Gamalama Modern

Penyebab Ambruknya Plafon Plaza Gamalama Sudah Diketahui, Wali Kota Segera Panggil Kadis PUPR

Ternate, Hpost - Plafon bangunan Plaza Gamalama, Ternate, Maluku Utara, ambruk setelah diresmikan Februari 2021 lalu. Dinas PUPR selaku instansi teknis pelaksana proyek multiyears telah mengetahui penyebab kerusakan.

Dalam pantauan halmaherapost.com, plafon di sisi utara basement gamalama ambruk dan jatuh ke lantai.

"Kami sudah membentuk tim tehnis dan mencari penyebab plafon bangunan plaza Gamalama ambruk. Kami sudah mengetahui penyebabnya setelah kami memantau CCTV," kata Kepala Dinas PUPR, Risval Tribudiyanto, Minggu 4 Juli 2021.

Risval bilang, untuk hasil investigasi akan disampaikan resmi ke Wali Kota agar nanti disampaikan secara resmi ke publik.

Risval memastikan kerusakan plafon akan diperbaiki oleh pihak ketiga karena bangunan plaza Gamalama saat ini masih dalam pemeliharaan.

"Jadi kerusakan nantinya ditanggung pihak rekanan,” ucapnya. Risval.

Bangunan tersebut diresmikan mantan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman pada Februari 2021 lalu adalah proyek tahun jamak. pagu anggaran tahap pertama 2017 senilai Rp 20 miliar, tahap kedua 2018 senilai 2,5 miliar dan tahap ke tiga Rp 70 miliar yang belum dilunasi oleh Pemerintah kota Ternate, sebesar Rp 15 miliar.

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, sudah melihat langsung plafon sisi utara Plaza Gamalama Modern

“Saya sudah turun dan melihat langsung ke gedung Plaza Gamalama Modern, Insya Allah saya segera memanggil kadis PUPR untuk meminta kejelasan atas peristiwa ini,” katanya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga